Home Ekonomi

Gubernur Yakin Investasi Rp20 T Tercapai

218
FORUM INVESTASI - Gubernur Sulteng, H Longki Djanggola (kedua dari kiri) didampingi Ketua Panitia Forum Investasi 2019 Christina Shandra Tobondo (tengah) menyaksikan penandatanganan pada acara Forum Investasi 2019 di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa 9 April 2019. (Foto: Djunaedi/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulawesi Tengah meyakini target realisasi investasi 2019 di Sulawesi Tengah yang sebesar Rp20,08 triliun bisa tercapai.

Optimisme tersebut bukan tanpa alasan. Gubernur Sulawei Tengah Longki Djanggola meyakini daerah ini masih menjadi salah satu daerah yang dilirik oleh para investor.

Meskipun beberapa waktu lalu Ibukota Sulawesi Tengah yakni Kota Palu serta Kabupaten Donggala, Sigi dan Parigi dihantam bencana alam yang merusak berbagai infrastruktur pendukung investasi, namun sejumlah daerah lainnya yang merupakan daerah paling dilirik oleh investor, seperti Kabupaten Morowali dan Luwuk tidak terdampak.

“Insya Allah tahun ini (target investasi) bisa tercapai, tahun lalu saja kita lewat kok,” ungkap Gubernur Longki Djanggola kepada wartawan usai membuka kegiatan Forum Investasi 2019 di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa 9 April 2019.

Kata dia target Rp20 triliun lebih tersebut bisa dicapai dengan melihat stok investasi Sulawesi Tengah melalui sistem online single submission (OSS) yang nilainya mencapai Rp440 triliun lebih pada tahun ini.

“Sekarang yang sudah melamar atau mendaftar lewat OSS itu Rp440 triliun, kalau cuma Rp20 trilun itu ada (terealiasasi).”

Menurutnya, bencana alam di tiga kabupaten/kota akhir tahun lalu tidak membuat investor menurunkan nilai investasinya di Sulawesi Tengah. Para investor dari luar maupun dalam negeri tetap berminat untuk berinvestasi di daerah ini, baik di area kawasan khusus dan daerah lainnya.

Ketua Panitia Forum Investasi 2019 Christina Shandra Tobondo juga memastikan Provinsi Sulawesi Tengah merupkan salah satu wilayah yang diminati investor. Namun daerah yang paling besar nilai investasinya yakni di wilayah Kabupaten Morowali sebesar Rp163 triliun, kemudian Kota Palu Rp145 triliun dan Kabupaten Banggai Rp56 triliun.

“Saya berharap sekiranya DPMPST di daerah bisa mengawal investasi Rp440 triliun itu. Apabila bisa terealisasi 440 T maka ekonomi Sulteng tentu sangat luar biasa meningkat,” kata Sandra.

Lewat kegiatan itu, Gubernur Juga mengajak seluruh investor untuk mlaksanakan kewajiban, diantaranya terkait tata kelola yang baik, hubungan sosial, menghargai budaya masyarakat sekitar serta menaati peraturan perundang-undangan.

Dia juga memastikan pemerintah daerah akan mempermudah seluruh proses investasi di daerah ini, terutama terkait pelayanan perizinan.

“Saatnya lewat pertemuan ini sampikan semua permasalahan yang dihadapi,” kata Longki saat memberikan sambutan.

Namun begitu, dia juga mengkritik perusahaan yang seolah tidak punya kepedulian terhadap daerah. Dia menyebut banyak perusahaan yang juga melakukan pengrusakan di daerah ini.

“Misalnya pengrusakan jalan, dan mereka (investor) seolah tidak mau tahu,” kesal Gubernur.

Reporter: Tahmil Burhanudin
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas