Home Palu

Ujian Sekolah Terdampak Bencana Berjalan Lancar

168
MEMANTAU - Kepala Disdikbud Palu Ansyar Sutiadi didampingi Kabid SD Yabidi saat memantau pelaksanaan US di jejang SD yang terdampak bencana tsunami, Senin, 8 April 2019. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu H Ansyar Sutiadi didampingi Kepala Bidang Pembinaan SD, Yabidi memantau langsung pelaksanaan Ujian Sekolah (US) di sejumlah SD terdampak bencana tsunami di daerah Tawaeli dan Pantoloan, Senin, 8 April 2019.

Sekolah yang dipantau itu yakni SD Inpres 9 Bamba, SDN 4 Bamba, SD Inpres 6 Bamba serta SD Inpres 10 Talise dan SDN 2 Talise.

“Dari hasil pemantauan di sekolah-sekolah terdampak bencana yang melaksanakan US, Alhamdulillah terlaksana dengan baik, semua peserta didik mengikuti US dengan baik,” ujar Ansyar.

Bahkan kata Ansyar, Kepsek beserta Guru juga melaksanakan pengawasan dan pengendalian dengan baik.

“Pemantauan kami juga ada beberapa sekolah yang siswanya masih belajar di lantai dengan menggunakan meja pendek. Olehnya itu kami berencana dengan skema donatur, dan kita juga akan melaporkan kepada Pak Walikota mungkin bisa diberikan dukungan kepada sekolah-sekolah darurat yang saat ini belum menggunakan kursi dan meja,” katanya.

Ansyar berharap kepada peserta didik yang mengikuti US fokus mempersiapkan diri untuk belajar, dan menjaga kesehatan.

“Sementara kepada kepsek dan guru agar melaksanakan pengawasan dengan baik, walaupun dengan segala macam keterbatasan,” ujarnya.

Kata dia, saat ini pihaknya langsung mengawasi daerah-daerah terdampak tsunami dalam pelaksanaan US. Selanjutnya pihaknya akan memantau lagi di daerah terdampak liquifaksi.

“Hal itu bertujuan untuk memastikan semua daerah-daerah yang tedampak tersebut tidak terganggu proses belajar mengajarnya,” ungkapnya.

Ansyar pun mengaku akan berupaya menyediakan bangku dan meja bagi para peserta didik di daerah terdampak bencana, yang telah belajar di kelas darurat.

“Sebab saat ujian mereka melantai. Olehnya untuk memberikan rasa nyaman, kami akan carikan bangku,” katanya.

“Untuk pelaksanan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di jenjang SMP juga berjalan lancar. Untuk soal USBN 50 persen itu dari pusat, kemudian 75 persen soal-soalnya dibuat dari sekolah. Kami berharap pelaksanaan USBN ini berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas