Home Palu

SMKN 7 Palu Upayakan Rekrut Ratusan Siswa

411
Ashar. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala SMK Negeri 7 Palu, Ashar mengungkapkan pihaknya mulai fokus pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019-2020.

Kata dia, tahun ini pihak sekolah berupaya untuk merekrut sebanyak mungkin siswa baru untuk memenuhi salah satu persyaratan menjadi SMK rujukan di Kota Palu, khususnya di bidang kemaritiman.

“Saat ini fokus kita setelah melaksanakan UNBK dan UKK, kita akan menghadapai PPDB, tentu kita berharap SMKN 7 Palu akan menjadi SMK rujukan, maka kita akan memacu diri untuk bisa merekrut sebanyak mungkin siswa baru untuk mencukupi persyaratan menjadi sekolah rujukan tersebut,” ujar Ashar di Palu, Senin, 8 April 2019.

Sebagai SMK rujukan kata dia, minimal siswa mencapai 600 orang.

“Sebelum terdampak tsunami, siswa kita sudah mencapai 415 orang dalam Dapodik, tetapi pasca bencana ini siswa berkurang, ada satu orang meninggal, dan beberapa orang sudah kembali ke kampung halamannya,” ungkapnya.

“Olehnya itu jumlah peserta didik SMKN 7 Palu masih belum memenuhi salah satu syarat menjadi SMK rujukan. Tetapi pihak sekolah terus berpacu, untuk memenehui seluruh kriteria menjadi sekolah rujukan, agar kedepannya SMKN 7 Palu dapat menjadi SMK rujukan di Kota Palu,” ungkapnya.

Ashar berharap, PPDB 2019-2020 ini jumlah siswa baru bisa memenuhi target yang telah ditentukan.

“Kita sudah menyiapkan sarana prasarana, karena ketika kita sudah merekrut siswa sebanyak mungkin, tetapi ruangan tidak cukup, maka mau tidak mau akan mempersulit pelaksanaan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Karena itu, bagaiamana kita memacu prasarana ini, yang cukup memadai untuk pelaksanaan KBM nantinya,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, untuk menarik minat calon siswa baru, pihak sekolah juga akan mengaktifkan kembali esktrakurikuler andalan SMKN 7 Palu yaitu drum band dan marawas. Sebab, ekstrakurikuler ini memiliki daya tarik tersendiri bagi calon siswa baru. Hal itu terbukti pada saat PPDB tahun sebelumnya, jumlah siswa yang masuk di SMKN 7 Palu meningkat sangat drastis.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas