Home Sulteng

Pengadaan Barang/Jasa Harus Transparan

219
Bunga Elim Somba. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Aparatur Sipil Negara yang mewenangi urusan pengadaan dimasing-masing organisasi perangkat daerah diminta selalu mematuhi prinsip-prinsip pengadaan barang/jasa pemerintah.

Hal ini disampaikan Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Sulteng Bunga Elim Somba saat membuka Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah lingkup Provinsi Sulawesi Tengah di Palu, Senin, 8 April.

“Prinsip-prinsip pengadaan barang/jasa pemerintah yaitu harus efisien, efektif, transparan, bersaing, adil dan akuntabel sehingga akan menghasilkan barang jasa yang tepat dari setiap penggunaan anggaran yang dibelanjakan,” ujar Elim.

Menurutnya pengadaan barang/jasa dipandang penting dalam rangka memelihara pembangunan berkelanjutan sehingga pemerintah banyak melakukan perbaikan-perbaikan termasuk dari aspek regulatif.

“Sekarang telah terbit Perpres Nomor 16 tahun 2018 sebagai solusi untuk mewujudkan pelaksanaan pengadaan barang jasa,” ungkap Elim.

Regulasi baru tersebut kata dia pengganti Perpres Nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Sosialisasi oleh Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang diikuti lebih kurang 50 peserta dari pejabat KPA, PPTK dan pejabat pengadaan.

Adapun narasumber sosialisasi yaitu tenaga ahli Ikatan Ahli Pengadaan Sulteng dan dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik Pemprov Sulteng. (*)

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas