Home Palu

Tokoh Agama Kampanyekan Pemilu Damai dan Bebas Hoaks

184
Pendeta Arnold Nyaua, bersama jemaatnya, mengkampanyekan, Pemilu damai dan Bebas Hoax. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemilihan umum (Pemilu) tinggal 9 hari lagi. Pesta demokrasi terbesar di negeri ini diharapkan bisa berjalan aman dan damai. Untuk itu, diharapkan semua pihak bersama-sama menyambut Pemilu tanpa melakukan tindakan tak terpuji, termasuk menyebarkan berita palsu serta ujaran kebencian terhadap salah satu calon atau pihak tertentu.

Terkait dengan itu, tokoh agama di Kota Palu juga menyerukan pelaksanaan pemilu yang aman dan damai tanggal 17 April 2019 nanti.

Pendeta Arnold Nyaua kepada wartawan Minggu 7 April 2019, menyampaikan semua pihak harus bersatu mendukung Pemilu yang damai dan tertib khususnya di Kota Palu.

Salah satu bentuk dukungan itu, lanjutnya, adalah dengan memerangi berita palsu serta ujaran kebencian yang banyak beredar di media sosial. Ditekankan, dengan banyaknya beredar berita hoaks di media sosial membuat semua pihak harus waspada dan cermat. Jika tidak, netizen bisa terjebak dan sama-sama menyebarkan berita palsu apalagi yang bernada kebencian.

“Kita harus hati-hati dalam membaca sebuah informasi atau berita di media sosial. Jangan sampai terjebak dan membantu mereka menyebarkan berita bohong itu,’’ tandasnya.

Diakui, para pelaku yang tidak bertanggung jawab itu memang sengaja memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk menyebarkan berita bohong dan ujaran kebencian tersebut. Pasalnya, jumlah pengguna media sosial saat ini cukup banyak dan seolah menjadi sebuah kebutuhan untuk mencari informasi dari berbagai hal.

Khusus kepada jemaat gereja Effatha, Arnold mengingatkan untuk menjaga kerukunan hidup antar umat beragama di Palu dan bersama-sama menjaga ketertiban dan kedamaian. Ditambahkan, sebagai umat beragama hendaknya senantiasa menjaga kerukunan dengan sesama.

“Kita harus menjaga kerukunan dan ketertiban di daerah kita,’’ kuncinya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas