Home Palu

Pekan Depan, Seleksi PPDB MAN IC Dibuka

224
H Kamarudin. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Palu, dalam waktu dekat ini akan melaksanakan ujian seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem Computer Based Test (CBT).

Kepala Bidang Madrasah, Kanwil Kemenag Sulteng H Kamrudin mengungkapkan sebanyak 196 peserta didik yang berhak mengikuti tes CBT ini, setelah sebelumnya dinyatakan lolos seleksi administrasi. Dari 196 orang tersebut, dipastikan akan gugur sebanyak 100 orang.

“Seleksi masuk di madrasah ini memang cukup ketat, mengingat MAN IC dipersiapkan untuk melahirkan generasi Berotak Jerman Berhati Madinah, sebagaimana cita-cita pelopor MAN IC, Presiden RI Ke-3, Prof. Dr. Ing. Baharuddin Jusuf Habibie,” ujarnya.

Kamarudin mengatakan, ketatnya masuk MAN IC, karena diinginkan anak-anak yang masuk MAN IC memiliki kemampuan mumpuni, sehingga saat mereka lulus, kemampuan akademiknya tidak mengecewakan.

“Tes seleksi ini akan dilangsungkan selama dua hari, hari pertama tanggal 13 April 2019, ini diperuntukan bagi tamatan Madrasah Tsanawiyah negeri maupun swata. Sementara hari kedua tanggal 14 April 2019, diperuntukan bagi tamatan Sekolah Menegah Pertama negeri dan swasta,” jelasnya.

Menurut Kamrudin, sengaja dibuka seluas-luasnya kesempatan bagi tamatan tsanawiyah maupun SMP untuk bergabung di MAN IC Palu, dengan harapan, makin banyak yang mendaftar ikut seleksi, makin besar peluang mendapatkan siswa berkualitas.

“Jika yang masuk adalah anak-anak yang berkualitas, tentu keluarannya juga berkualitas. Ditambah lagi saat siswa di MAN IC akan ditangani oleh guru-guru berkualitas dan kompeten,” katanya.

Kata dia, MAN IC, selain siswanya terseleksi dengan ketat, tenaga pengajarnya pun sebelum mengajar di MAN IC juga telah melewati tahapan seleksi yang sangat ketat.

“Sehingga yang dapat mengajar di madrasah ini hanyalah tenaga pengajar (guru) yang sesuai standar kualifikasi yang telah ditentukan oleh Dirjen Pendidikan Agama Islam Kemenag RI,” katanya.

“Dengan begitu, prestasi demi prestasi bisa diraih oleh MAN IC, termasuk MAN IC Palu, baik di tingkat provinsi, nasional maupun internasional, sekalipun masih berumur tiga tahun,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas