Home Donggala

Puluhan Lansia Diajari Nyoblos

223
Lansia diberikan contoh surat suara serta selebaran untuk tidak golput pada 17 April mendatang. (Foto: Tamsyir Ramli/ Metrosulawesi)

Donggala, Metrosulawesi.id – Puluhan Lansia (lanjut usia) di wilayah kota Donggala mengikuti sosoalisasi pemilu yang dilaksanakan KPUD, di Kelurahan Boya Kecamatan Banawa, Jumat 5 April 2019.

Devisi Sosialisasi KPUD Donggala, Yudi, di hadapan lansia mempraktikkan tata cara pencoblosan pada Pemilu 17 April mendatang agar tidak keliru dalam menentukan hak pilihnya.

“Usia boleh bertambah tetapi jangan sampai semangat kita untuk mensukseskan pemilu gendor. Jangan golput gunakan hak pilih sesuai hati nurani,” kata Yudi.

“17 April mendatang kita akan dibagikan lima kertas suara. Warna abu-abu itu untuk kertas suara presiden/wakil presiden. Warna kuning untuk calon anggota DPR RI. Warna merah anggota DPD RI. Warna biru untuk caleg DPRD provinsi. Dan warna hijau untuk calon anggota DPRD Kabupaten, di TPS nanti harus perhatikan kertas suara yang diberikan jangan sampai salah coblos,” sebutnya.

Salah satu lansia menrima hadiah dari komisiner KPUD Yudi, pagi kemarin. (Foto: Tamsyir Ramli/ Metrosulawesi)

Yudi juga menambahkan jika ada keluarga dari lansia yang hadir pada hari ini mengalami sakit dan tidak bisa menuju TPS, pihak KPUD memberikan kemudahan dengan memberikan Form C3 agar hak pilih dari yang sakit bisa tersalurkan.

“Seluruh warga negara RI semua memiliki hak politik, termasuk orang sakit. Maaf, semisalnya ada keluaraga kita yang sudah tidak bisa melihat atau penyakit lumpuh/stroke, petugas kami akan mendatangi rumah warga tersebut dengan membawakan lima kertas suara tentu saja dengan pendamping keluarga yang dipercayakan serta disaksikan oleh petugas dan saksi-saksi paslon/partai,” jelasnya.

Di akhir kegiatan pihak KPUD melalui devisi sosialisasi Yudi memberikan hadiah kepada lansia yang aktif dan komunikatif dalam sosialisai pemilu.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas