Home Pendidikan

Daerah Diminta Maksimalkan TIK

203
SAMBUTAN - Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng Chwarismy Shindy saat menyampaikan sambutan di kegiatan Rakor TIK Pendidikan dan Kebudayaan, Sabtu, 30 Maret 2019. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

  • UPT TKIP Disdikbud Sulteng

Palu, Metrosulawesi.id – UPT Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) TIK Pendidikan dan Kebudayaan di UPT TIK Disdikbud Sulteng, Sabtu, 30 Maret 2019. Rakor ini mengusung tema “Optimalisasi Pendayagunaan TIK untuk Memajukan Pendidikan di Provinsi Sulteng”.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng Chwarismy Shindy mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Sulteng melalui Disdikbud saat ini mendorong penerapan TIK bagi dunia pendidikan, sebab perkembangan teknologi komunikasi dan informasi saat ini begitu pesat.

“Melalui UPT TKIP yang merupakan salah satu unit di bawah naungan Disdikbud Sulteng yang khusus menangani TIK, tiap tahun telah melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk mempercepat penerapan TIK bagi dunia pendidikan di Sulteng,” ujar Chwarismy.

Tentunya kata dia, dalam menangani TIK diperlukan kerja keras ekstra dan kreatif, semua itu tidak semudah membalikan talapak tangan, karena melihat luasnya daerah Provinsi Sulteng dan masih minimnya infrastruktur TIK.

“Selain itu, masih kurangnya SDM dan keterbatasan dana dalam pengembangan TIK untuk pendidikan. Kita perlu kerja keras dan dukungan serta pemikiran dari banyak pihak,” katanya.

Untuk itu Chwarismy berharap, pemangku jabatan di bidang pendidikan di seluruh kabupaten kota se- Sulteng ikut menganggarkan kegiatan yang berkaitan dengan penerapan TIK untuk pendidikan di kabupaten/kota masing-masing.

“Melalui koordinasi TIK yang dilaksanaan saat ini, selain merupakan forum untuk menjamin komunikasi dan silahturahmi para pemangku dunia pendidikan, kegiatan ini juga diharapkan dapat menyamakan presepsi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan, khususnya bidang IT,” ungkapnya.

Chwarismy mengatakan, kegiatan ini sangat penting, karena membahas soal peningkatan kualitas pendidikan agar dapat berdaya saing dengan daerah maju lain di Indonesia.

“Semua yang kita lakukan saat ini muaranya pada peserta didik kita, anak-anak kita yang akan menjadi generasi penerus bangsa. Insya Allah akan menjadi generasi emas seperti yang kita harapkan,” katanya.

Sementara Menurut KTU UPT TKIP, Disdikbud Sulteng Junaidin, tujuan Rakor TIK itu adalah menjaring aspirasi dan masukan dari para stakeholders dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan TIK untuk pendidikan.

“Selain untuk merumuskan perencanaan dan strategi dalam mendukung pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), serta meningkatkan koordinasi, kerjasama dan sinkronisasi kegiatan pengembangan TIK untuk pendidikan, merumuskan tindaklanjut pengembangan TIK untuk pendidikan,” ujarnya.

Junaidin berharap, melalui kegiatan itu dapat terwujud sinergitas interaktif dan berkelanjutan antara UPT TIK Disdikbud Sulteng dan para pemangku kepentingan dalam pengembangan TIK untuk pendidikan.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas