Home Sulteng

Rp74 Miliar Dana untuk Sulteng

189
RAKERDA - Asisten Pemerintahan dan Politik Moh Faisal Mang mewakili Gubernur Sulteng membuka Rakerda Program KKBPK didampingi Plt Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BBKBN Dr Dwi Listyawardani dan Plt Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng Tenny C Soriton di Palu, Kamis, 28 Maret 2019. (Foto: Ist)

  • BKKBN Rakerda Program KKBPK 2019

Palu, Metrosulawesi.id – Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulteng menggelar Rapat kerja daerah (Rakerda) program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Palu, Kamis, 28 Maret 2019.

Plt Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BBKBN Dr Dwi Listyawardani selaku pembina wilayah mengungkapkan pihakya telah mengucurkan dana transfer sejak 2008 untuk membantu daerah kabupaten/kota melaksanakan kewenangannya guna mendukung prioritas nasional melalui program KKBPK. Hal itu sebagai bentuk komitmen pemerintah pusat lewat dana transfer ke daerah dalam bentuk DAK fisik sub bidang KB yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara.

“Sejak tahun 2016, seluruh OPD KB kabupaten dan kota kecuali di Provinsi DKI Jakarta menerima Dana Bantuan Operasional KB (BOKB) yang setiap tahunnya mengalami peningkatan yang sangat signifikan,” ujarnya.

Deputi mengatakan secara khusus pada tahun ini juga terdapat DAK penugasan guna membantu penurunan stunting di kabupaten/kota yang masuk dalam daftar wilayah stunting. Untuk tahun ini, total dana transfer untuk Sulteng guna meyukseskan program KKBPK mencapai Rp74 miliar lebih.

Dana transfer tersebut terdiri atas DAK fisik sub bidang KB untuk kabupaten/kota se-Sulteng Rp22 miliar lebih, BOKB sebesar Rp51 miliar lebih, dan DAK penugasan Rp190 juta untuk Kabupaten Banggai dan Rp210 juta untuk Kabupaten Parimo.

“Kami berharap dana transfer tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal bersama anggaran yang telah disiapkan melalui APBD masing-masing kabupaten dan kota guna mendukung pelaksanaan program KKBPK di lapangan,” ucap Dwi.

Dwi menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada Gubernur Sulteng dan jajaran yang telah memberi dukungan penuh atas terlaksananya program KKBPK sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Terimakasih yang sama kami sampaikan kepada mitra strategis yang telah bahu membahu bersama BKKBN menyampaikan pesan dan melayani keluarga-keluarga Indonesia dalam merencanakan hidup sehat dan sejahtera melalui program KKBPK,” tandasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng Tenny C Soriton menuturkan tujuan pelaksanaan Rakerda guna meningkatkan dukungan pemerintah daerah dan mitra kerja dalam mewujudkan kualitas hidup melalui program KKBPK. Rakerda ini dibuka oleh Gubernur Sulteng diwakili Asisten Pemerintahan dan Politik Moh Faisal Mang.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas