Home Palu

KPU Palu Genjot Partisipasi Pemilih

225
Salah seorang warga memasukkan surat suara kedalam kotak suara saat simulasi yang dilaksanakan KPU Kota Palu. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Jelang voting day Pemilu 17 April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu terus menggenjot partisipasi masyarakat untuk menyalurkan suaranya padari hari pemungutan. Selain itu, KPU Kota Palu juga memberikan simulasi kepada masyarakat agar mengetahui tata cara pencoblosan dan tipe surat suara tiap tingkatan.

Mengambil lokasi di Kelurana Tipo, Kecamatan Ulujadi, Kamis 28 Maret 2019, KPU Kota Palu melaksanakan simulasi pencoblasn di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Simulasi dibuat lengkap mulai dari daftar pemilih, jumlah saksi, tempat duduk pemilih hingga penghitungan suara.

Plh Ketua KPU Kota Palu, Idrus, saat membuka simulasi menegaskan, simulasi dilaksanakan supaya masyarakat mengtahui apa saja yang mesti dilakukan pada Pemilu tahun ini, mengigat Pemilu 17 April 2019 merupakan Pemilu serentak dan berbeda dengan Pemilu sebelumnya.

Pada kegiatan simulasi itu, terdapat lima surat suara yang akan diberikan kepada pemilih untuk dicoblos dibilik suara. Pemilih diberikan edukasi supaya mampu membedakan mana surat suara untuk Presiden, DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD Kota Palu.

“Simulasi merupakan salah satu upaya KPU dalam mendorong partisipasi masyarakat dan mengedukasi tentang tahapan pencoblosan, sehinga pada harinya nanti tidak terjadi kesalahan,” ujar Idrus.

Masyarakat mengapresiasi semulasi pencoblosan yang dilakukan KPU. Kegiatan seperti itu diharapkan tidak hanya dilakukan satu kali, tapi beberapa kali ditempat yang berbeda. Apalagi pemilu tahun ini surat suaranya cukup banyak.

“Simulasi seperti ini sangat membantu masyarakat. Dengan begitu masyarakat mengetahui bagaimana tata cara pencoblosan dan membedakan tiap surat suara utamanya bagi pemilih pemula,” ujar Mey, salah seorang warga yang ikut simulasi.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas