Home Palu

Agus Lamakarate Unggul Suara di Pemilu Raya

321
PENGHITUNGAN SUARA - Panitia Pilrek Unisa Palu saat menghitung suara hasil Pemilu Raya yang dilaksanakan di Kampus Unisa Palu, Kamis, 28 Maret 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Tahapan Pemilihan Rektor Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu periode 2019-2023 yang disebut dengan istilah Pemilu Raya telah dimulai Kamis, 28 Maret 2019. Pemilu Raya itu melibatkan sejumlah dosen, staf, dan mahasiswa sebagai pemilik suara.

Hasilnya, kandidat nomor urut 3, Dr Moh Agus Lamakareta unggul dengan perolehan 88 suara, menyusul nomor urut 2 Dr Umar Alatas dengan perolehan 52 suara, berikutnya nomor urut 1 Dr Ahsan Marjudo dengan perolehan 39 suara, dan terakhir nomor urut 4, Dr Muhammad Yasin dengan perolehan 31 suara.

Agus unggul hampir di semua kalangan. Mantan Sekretaris Yayasan Sis Aljufri ini unggul di kalangan dosen dan pegawai. Ia berhasil memperoleh suara 33 di kalangan dosen dan 34 suara di kalangan pegawai. Sementara di kalangan mahasiswa, Agus Lamakarate berhasil meraup 64 suara (khusus mahasiswa, 3 suara dihitung satu suara).

Sementara Umar unggul di kalangan mahasiswa. Ia mampu meraup suara milenial sebanyak 71 suara (bagi 3), di kalangan dosen 19 suara, sementara di kalangan pegawai hanya 9 suara.

Menyusul Ahsan, suara terbesarnya di kalangan dosen. Ia mampu meraup 20 suara dosen, 13 suara pegawai, dan mahasiswa paling buncit, 18 suara (bagi 3).

Terakhir Yasin, dimana cukup populer di kalangan mahasiswa dibandingkan Ahsan. Yasin mampu meraup 34 suara di kalangan mahasiswa (dibagi 3). Namun di kalangan dosen, Yasin hanya mampu meraup 11 suara, dan hanya 9 suara di kalangan pegawai.

Hasil Pemilu Raya ini akan menjadi bahan rekomendasi panitia Pilrek ke Senat.

“Dalam waktu dekat, akan kami serahkan hasilnya ke senat,”ungkap Ketua Panitia Pilrek Unisa, Husain Lationo, belum lama ini.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Pilrek, Muhammad Gulom mengatakan, hasil Pemilu Raya ini akan menjadi salah satu pertimbangan senat dalam menentukan pilihannya, selain melihat dari visi misi kandidat, profil kandidat, juga tingkat elektabilitas kandidat.

Kata dia, Pemilu Raya adalah instrumen untuk mengukur tingkat elektabilitas kandidat di kalangan civitas akademika Unisa Palu.

“Insyah Allah, habis lebaran akan dilakukan pemilihan di senat, hasilnya akan diserahkan ke Ketua Utama,” ungkap Gulom.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas