Home Ekonomi

Bulog Jaga Harga Pangan Jelang Pemilu

223
Jumarnon Lalundo. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Sulawesi Tengah terus menjaga harga dan stok pangan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum 17 April 2019.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Bidang Komersial Perum Bulog Sulteng, Jumarnon Lalundo saat dihubungi Metrosulawesi, Rabu (27/3/2019). Menurutnya, stok sejumlah komoditi yang dijual Bulog cukup memadai.

“Misalkan persediaan beras medium untuk kebutuhan jatah bansos yang disalurkan kepada rumah tangga sasaran (RTS) dan masih ada digudang Bulog saat ini jumlahnya memadai,” katanya.

Begitu pula dengan komoditi pangan lain seperti gula pasir,bawang putih, bawangt merah, minyak goreng dan telur ayam. Sementara, pihaknya juga tetap gencar membeli beras produksi petani di setiap daerah penghasil beras di provinsi ini.

“Soal kebutuhan tersebut tidak perlu dikhaawatirkan, sebab selain stok masih cukup, begitu berkurang, Bulog langsung mendatangkan pasokan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata dia.

Selain itu, kata Juharnon, karena stok cukup banyak, Satuan Tugas (satgas) pangan dan tim pengendali inflansi daerah (TPID) mulai tingkat provinsi sampai kabupaten/kota di Provinsi Sulteng rutin melakukan pengawasan dengan turun langsung ke pasar-pasar tradisional maupun pasar modern.

“Bulog membeli beras petani saat ini berkisar Rp8.030/kg. Harga beras di tingkat petani dan penggilingan padi Rp8.500-Rp9.000/kg,” jelasnya.

Lanjut dia, Bulog Sulteng juga menjual daging beku. Khusus daging beku, kata Jumarnon, pangsa pasarnya adalah restoran, hotel dan pedagang bakso.

“Stok daging beku dikuasai Bulog Sulteng di Palu masih cukup. Selain restoran dan lainnya, masyarakat juga banyak membeli untuk konsumsi rumah tangga,” ujarnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas