Home Palu

Lulusan PPDB SMK Yadika Palu Siap Kerja di Unit Usaha Yayasan

801
H Muhammad Arasy. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – SMK Yadika Palu telah membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019. Siswa SMP yang akan lulus tahun ini diimbau segera mendaftar, sebab kouta penerimaan siswa baru terbatas.

Kepala SMK Yadika Palu, H Muhammad Arasy mengungkap, tahun ini SMK Yadika membuka lima jurusan, Perhotelan, Farmasi, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Maritim dan Otomotif.

“Untuk jumlah siswa-siswi yang akan diterima tahun ini sesuai dengan jumlah kelas sebanyak lima ruangan, sesuai aturan dalam satu ruangan kelas itu jumlahnya 36 peserta didik. Jadi yang diterima sekitar 100 lebih pendaftar,” ujar Arasy di Palu, Selasa, 26 Maret 2019.

Kata dia, tahun ini SMK Yadika belum melaksanakan Ujian Nasional (UN), karena jumlah siswa baru memasuki angkatan kedua yang masih duduk di kelas 1 dan 2.

“Insya Allah tahun depan kami sudah bisa menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” ungkapnya.

Arasy mengatakan, SMK Yadika merupakan sekolah terlengkap di Indonesia. Kata dia, lulusan SMK Yadika memiliki prospek peluang bekerja yang sangat bagus bagi peserta didik.

“Kita membuka jurusan Perhotelan karena hotelnya ada di seluruh Indonesia. Jika sekolah lain kemungkinan asal membuka jurusan Perhotelan saja. Membuka SMK itu harus mempunyai peluang kedepan, agar para siswanya tidak menganggur. Namun rata-rata orang membuka SMK tidak mempunyai prospek kedepan, sehingga anak didiknya banyak yang menganggur,” jelasnya.

Jika, kata Arasy, SMK Yadika sudah mempunyai tamatan angkatan ketiga, kemungkinan siswanya sudah berkerja dimana-mana.

“Tamatan di SMK Yadika diprioritaskan untuk bekerja di segala unit usahanya, karena yang miliki SMK Yadika ini bukan hanya memiliki satu macam usaha,” katanya.

“Makanya Ketua Yayasan SMK Yadika mengatakan, tujuannya membangun SMK di Sulteng bukan mencari kehidupan di sekolah tersebut, tetapi dibangunnya SMK sebagai ladang amal jariyah,” ungkapnya.

Arasy mengimbau seluruh lulusan SMP di Sulteng, dan khususnya Kota Palu, agar datang bersaing di SMK Yadika Palu. Sebab sekolah tersebut mempunyai peluang dan prospek kedepan.

“Kita upayakan tamatan di sekolah ini mempunyai keahlian dan betul-betul siap pakai di unit usaha dan secara umum mempunyai potensi di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas