Home Sulteng

UDD PMI Sulteng Jadi UTR

272
Mohamad Hidayat Lamakarate. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Sektertaris Daerah Mohamad Hidayat Lamakarate mengungkapkan dalam waktu dekat Unit Donor Darah (UDD) PMI Sulteng akan ditingkatkan menjadi Unit Transfusi Regional (UTR). Hal itu diungkapkan Hidayat saat membuka Musyawarah Kerja Provinsi PMI Sulteng di Hotel Rama Garden, Senin, 25 Maret 2019.

“Insya Allah 2019 ini dapat bantuan PMI pusat, UDD kita naik jadi unit transfusi regional sehingga jadi lebih baik,” ujarnya.

Hidayat yang juga selaku Ketua PMI Sulteng menjelaskan dengan berubah status menjadi UTR merupakan upaya perbaikan layanan UDD PMI yang dipimpinnya. Pelayanan UDD menurutya harus baik sebab tantangan saat ini bagaimana memastikan kebutuhan darah siap setiap saat.

“Kebutuhan akan darah tidak bisa bilang tunggu sebentar, nanti saya cari dulu,” ucap Hidayat.

Tujuh prinsip dasar gerakan PMI diakuinya sangat menonjol kala Sulawesi Tengah dilanda bencana gempabumi pada 28 September 2018 lalu. Tujuh prinsip itu yakni kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan.

“Saya mengucapkan terima kasih mendalam ke para relawan yang sangat proaktif mendarma baktikan diri kepada kemanusiaan lewat PMI,” katanya.

Hidayat meminta pengurus melaporkan seluruh kegiatan yang dijalankan setahun lalu dan merumuskan kegiatan yang akan laksanakan tahun ini. Keterbatasan anggaran PMI kata dia harus disiasati dengan jalan menyinergikan kegiatan PMI dengan pihak terkait.

“Potensi CSR dari perusahaan dan integrasi program PMI dengan OPD perlu diperluas,” tandasnya.

Sementara Ketua PMI Pusat diwakili Ketua Bidang PMR dan Relawan Muhamad Muas menekankan musyawarah kerja wadah untuk mempertanggungjawabkan tugas PMI dan kemitraan dengan pihak-pihak lain.

“Selamat atas muskerprov yang mestinya tahun lalu tapi tertunda akibat gempa,” ucap Muas.

Peserta musyawarah lebih kurang 50 orang berasal dari PMI kabupaten/kota dan provinsi, serta para mitra PMI. Musyawarah akan berlangsung hingga Selasa, 26 Maret dengan beberapa agenda, diantaranya terkait mekanisme pengelolaan APBD hibah untuk kegiatan PMI.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas