Home Palu

SMPN 13 Palu Bangga Bisa Ikut UNBK

277
SIMULASI - Kepala SMPN 13 Palu Mansur saat meninjau pelaksanaan simulasi di salah satu ruangan komputer, belum lama ini. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Sejumlah siswa SMP Negeri 13 Palu sangat senang bisa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Ini adalah kali pertama SMPN 13 Palu menggelar UNBK.

Salah satu peserta UNBK SMPN 13 Palu, Adnan mengatakan mengikuti UNBK tersebut, dirinya merasa bangga dan sejajar dengan sekolah-sekolah besar lainnya di Kota Palu.

“Selain itu juga kami merasa UNBK lebih praktis, tidak perlu membawa pensil, penghapus, dan papan ujian ke sekolah seperti yang dilakukan oleh senior kami tahun-tahun sebelumnya dengan mengikuti menggunakan kertas dan pensil,” kata Adnan belum lama ini.

Kata dia, yang menjadi kekhawatiran dirinya dalam mengerjakan soal UN menggunakan pensil dan kertas adalah salah menandai jawaban (membundar melewati garis) di kertas jawaban. Namun kali ini kekhawatiran itu tidak ada.

“Kami mendapatkan informasi dari kakak kelas yang telah lulus, bahwa banyak yang harus menanggung salah akibat membundar jawaban melewati garis, karena itu bisa mempengaruhi nilai kami. Olehnya itu kami menganggap UNBK lebih baik dibandingkan UNKP,” ujarnya.

Adnan mengaku sangat senang dengan UNBK ini, setidaknya bisa berbeda dengan ujian kelulusan kakak kelas.

Jumlah peserta UNBK SMPN 13 Palu tahun ini sebanyak 159 siswa, termasuk 43 siswa SMP Terbuka yang ikut gabung.

“Alhamdulillah tahun ini kami bisa UNBK, semoga lancar. Untuk persiapan, kami nilai sudah sangat siap. Simulasi juga sudah jalan semua,” ungkap Kepala SMPN 13 Palu Masnur.

Untuk tahun depan kata Masnur, jumlah peserta juah lebih besar, sekitar 180 orang. Dengan kondisi itu, dipastikan akan dilakukan penambahan unit komputer.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas