Home Sulteng Respons Cepat Selamatkan Korban Bencana, Gubernur Beri Penghargaan ke Satpol PP

Respons Cepat Selamatkan Korban Bencana, Gubernur Beri Penghargaan ke Satpol PP

140
TERIMA PIAGAM - Kepala Satpol PP Sulteng H Mohamad Nadir menerima piagam penghargaan dari Gubernur H Longki Djanggola usai upacara di lokasi eks STQ Jabar Nur Palu Jalan Soekarno Hatta, Rabu, 20 Maret. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke 69, Satlinmas ke 57 dan Damkar ke 100 Tingkat Provinsi Sulteng berlangsung semarak di lokasi eks STQ Jabar Nur Palu Jalan Soekarno Hatta, Rabu, 20 Maret.

Gubernur Sulteng H Longki Djanggola bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus menyampaikan amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Dalam kesempatan ini gubernur juga memberikan piagam penghargaan kepada Satpol PP provinsi dan kabupaten/kota di wilayahnya. Penghargaan yang diberikan atas respon cepat pelayanan penyelamatan dan evakuasi korban gempa, tsunami dan likuifaksi yang melanda Sulteng pada 28 September 2019.

“Atas nama pribadi dan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah saya mengucapkan terimakasih,” ucap Longki.

Mendagri melalui Longki berharap HUT dijadikan sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat serta membulatkan tekad untuk terus memberikan pelayan terbaik.

Satpol PP, Satlinmas dan Damkar menurut Mendagri merupakan institusi yang sama-sama sangat dibutuhkan keberadaannya sesuai tugas dan fungsi masing-masing. Dikatakan peran penting pembentukan Satpol PP yakni untuk menegakkan Perda, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

Satlinmas secara khsusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencanan, ikut memelihara ketenteraman/ketertiban masyarakat dan membantu pertahanan negara.

Sementara Damkar melakukan pencegahan, pengendalian dan penyelamatan serta penanganan kebakaran dengan melakukan inspeksi dan investigasi. Selain itu pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta penyelamatan dalam kondisi yang membahyakan manusia.

Longki melanjutkan dalam tahun politik ini ketiga institusi tersebut juga diharap berperan menyukseskan pelaksanaan pemilihan Presiden dan pemilihan legislatif di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota.

“Saya mengucaokan selamat ulang tahun Pemadam Kebakaran ke 100, Satpol PP ke 69 dan Dan Satlinmas ke 57,” ujarnya.

Gubernur menambahkan adapun untuk tuan rumah HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar pada 2020 mendatang yaitu Pemerintah Kabupaten Tolitoli. Puncak HUT turut dihadiri sejumlah bupati/wakil bupati, kepala OPD dan Forkompimda.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here