Home Palu

Satgas Anti Narkoba SMP Segera Dikukuhkan

199
AKBP Abire Nusu. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palu bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu dalam waktu dekat ini akan menggelar Gebyar Anti Narkoba di SMP Negeri 5 Palu.

Kepala BNN Kota Palu AKBP Abire Nusu mengungkapkan di acara Gebyar Anti Narkoba itu ada beberapa kegiatan diselenggarakan diantaranya jalan santai serta pengukuhan Satgas Anti Narkoba tingkat SMP se-Kota Palu.

“Tujuan dari kegiatan itu sebenarnya untuk mencegah peredaran narkoba di lingkungan sekolah, olehnya itu kami berharap sekolah dapat dapat membantu BNN Kota Palu untuk mencegah beredarnya narkoba di lingkungan sekolah,” kata Abire di Palu, Rabu, 13 Maret 2019.

Abire mengatakan, selama 2018, BNN Kota Palu mencatat pelajar dan mahasiswa yang terindikasi narkoba atau menjadi korban sebanyak 69 orang. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, angka itu menurun. Tahun lalu, ratusan pelajar dan mahasiswa terindikasi narkoba.

“Turunnya angka tersebut karena BNN kemarin mengadakan kegiatan penjangkauan atau turun di tiap sekolah-sekolah untuk mencegah penyalahgunaan narkoba itu,” ujarnya.

Abire mengatakan, di semua SMP se-Kota Palu akan ada Satgas Anti Narkoba, para Satgas itu bertugas mengidentifikasi gerak gerik pelajar. Jika tampaknya terindikasi, maka Satgas ini akan langsung berkoordinasi dengan BNNK Palu.

“Yang terlibat di dalam Satgas Anti Narkoba adalah para guru, dan masing-masing sekolah telah menunjuk siapa saja guru yang bisa menjadi Satgas tersebut. Satgas itu akan kami bekali cara-cara mengidentifikasi pelajar yang menggunakan narkoba,” katanya.

Misalnya, kata dia, jika ada pelajar yang terindikasi menggunakan narkoba, maka Satgas Anti Narkoba akan langsung menghubungi BNN Kota Palu.

“Setelah itu, kami akan cek sudah sajauh mana anak yang terindikasi narkoba menggunakan barang tersebut. Setelah itu kami juga akan koordinasikan dengan orang tuanya. Pihak sekolah tetap menjaga anaknya, sebab mereka itu adalah korban,” ungkapnya.

Abire mengatakan, peran Satgas tersebut adalah memantau, menginformasikan kepada BNN, dan mencegah pelajar untuk tidak menggunakan narkoba.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas