Home Palu

Polemik Seragam Paskibraka Takkan Terulang

477
Moh Azir. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Dalam dua tahun terakhir, seragam Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Sulteng menjadi polemik. Itu karena pada 2018, sebagian seragam Paskibraka dalam kondisi kekecilan. Lebih mirisnya pada 2017, hingga H-3 sebelum pelaksanaan HUT RI beberapa perlengkapan personil perempuan Paskibraka, seperti sepatu dan topi belum tersedia.

“Insya Allah tahun ini tidak akan terulang lagi, kami akan kawal ketat pembuatan seragam Paskibraka,” ujar Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulteng Moh Azir di Palu, Rabu, 13 Maret 2019.

Dia mengatakan dalam pembuatan seragam Paskibraka, Dispora tak akan menggunakan jasa konfeksi yang tidak profesional. Pembuatan seragam juga akan dilakukan jauh hari setelah anggota Paskibraka terpilih.

“Kami tidak akan menggunakan jasa konfeksi tahun lalu agar kejadian serupa tidak terulang,” katanya.

Saat ini diungkapkan Azir, pihaknya sudah mulai melakukan perekrutan calon anggota Paskibraka di SMA/SMK se Kota Palu. Perekrutan itu dilakukan untuk menambah anggota Paskibraka dari perwakilan masing-masing kabupaten/kota se Sulteng.

Masing-masing kabupaten/kota akan mengirimkan dua wakil terbaik untuk menjadi anggota Paskibraka tingkat Provinsi Sulteng. Beberapa syarat mutlak yang harus terpenuhi untuk menjadi anggota Paskibraka mengacu dari postur tubuh (tinggi) dan kondisi kesehatan yang harus prima.

“Makanya kita di provinsi sangat mengharapkan kabupaten/kota mengirimkan dua wakilnya yang benar-benar terbaik,” ucap Azir.

Azir menuturkan pembinaan yang akan diberikan kepada anggota Paskibraka masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Bersamaan pembinaan itu akan dipilih dua wakil terbaik untuk mewakili Provinsi Sulteng menjadi anggota Paskibraka tingkat nasional di Istana Negara, Jakarta.

Dia memastikan wakil yang akan dipilih mewakili Provinsi Sulteng benar-benar terbaik, baik dari postur tubuh, mental maupun kondisi kesehatan. Olehnya dalam waktu dekat diupayakan calon anggota Paskibraka tingkat Provinsi Sulteng sudah harus terpilih.

“Termasuk siapa nanti yang akan menjadi pelatih anggota Pasibraka tingkat Provinsi Sulteng akan segera ditentukan,” tandas Azir.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas