Home Palu

Mahasiswa Unismuh Palu Diimbau Tak Berpolitik Praktis di Kampus

246
Ir Saifuddin Nasrun, MP. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu diimbau tidak berpolitik praktis di dalam kampus. Hal itu disampaikan Rektor Unismuh Palu melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Ir Saifuddin Nasrun MP belum lama ini.

“Mahasiswa diminta tidak dizinkan mengkampanyekan calon tertentu, terlebih jika menggunakan sarana organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM),” ujar Saifuddin.

Saifuddin mengatakan jika ditemukan ada Mahasiswa melakukan gerakan politik praktis, maka mahasiswa bersangkutan akan diajukan dalam sidang kode etik kampus, bahkan sanksi terberat yang bisa mahasiswa terima jika berkali-kali melakukan pelanggaran berat, adalah di keluarkan dari dalam kampus.

“Kampus Unismuh Palu, sejak awal sudah komitmen tidak berafiliasi dengan gerakan politik praktis, Unismuh secara kelembagaan pada posisi netral, tidak mendukung calon siapapun, namun memberikan kebebasan memilih pada setiap dosen, staf, dan mahasiswa, sesuai hati nurani mereka,” ungkap Saifuddin.

Kata dia, jika ada mahasiswa yang ingin mengkampanyekan calon tertentu, diimbau melakukannya di luar dari kampus Unismuh Palu, dan tidak membawa atribut apapun yang menyangkut Kampus Biru Unismuh Palu.

“Bagi kami kampus adalah tempat mahasiswa belajar dan memperdalam keilmuannya, belajar pengembangan diri melalui organisasi yang ada di dalam kampus, belajar berpikir kritis. Namun tidak dibenarkan melakukan gerakan politik praktis, karena area kampus tidak dibenarkan diwarnai oleh kepentingan politik praktis. Sebab politik praktis cenderung mengedepankan kelompok atau oknum,” katanya.

Saifuddin mengaku, tidak melarang mahasiswa untuk berurusan politik praktis, karena itu penting bangsa dan negara.

“Apalagi kita ini adalah bangsa yang mengedepankan asas demokrasi, hanya saja kalau di dalam kampus jangan dulu, urusan politik praktis tempatkan di luar kampus,” imbuhnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas