Home Hukum & Kriminal

Kejari Tolitoli Limpahkan Berkas Kasus Korupsi Dana Desa

460
Rustam Efendi, SH. (Foto: Acco Amir/ Metrosulawesi)

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Kejaksaan Negeri Tolitoli telah melimpahkan ke Pengadilan Tipikor Palu berkas kasus dugaan penyalahgunaan Dana Desa Lampasio Kecamatan Lampasio tahun 2016 dengan tersangka kepala desa Moh Yusuf. Kasus itu menimbulkan kerugian uang negara Rp 400 juta lebih.

Kasi Pidsus Kejari Tolitoli Rustam Efendi SH mengatakan, pelimpahan kasus tersebut oleh Kejari Tolitoli ke PN Tipikor dilakukan pada tanggal 11 Maret 2019.

“Iya benar berkasnya sudah saya limpahkan ke Pengadilan Tipikor Palu,” katanya.

Dijelaskan adapun mengenai persidangannya akan dijadwalkan peken depan dan akan menghadirkan sedikitnya 15 orang saksi. Rustam Efendi SH yang menjadi Jaksa Penuntut Umum nya (JPU) pada persidangan minggu depan nanti.

“Adapun undang undang yang dikenakan kepada tersangka adalah mengenai UU Tipikor dan pasal yang dikenakan kepadanya adalah pasal 2 dan 3 yang ancaman hukuman pidananya di atas 10 tahun penjara,” jelas Rustam Efendi SH.

Kades Lampasio Moh Yusuf dilaporkan ke kejaksaan oleh warga kala itu berkaitan dengan proyek DD tahun 2016 soal pengadaan pipa untuk pekerjaan sarana air bersih di desa.

Menurut warga Desa Lampasio ada kejanggalan dalam proses pekerjaan tersebut sebab besaran dana tidak sesuai dengan realisasi hasil pekerjaan di lapangan. Olehnya itu warga melaporkan kasus tersebut ke Kejari Tolitoli saat itu.

Reporter: Acco Amir
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas