Home Ekonomi

Cadangan Beras Medium Bulog Cukup Tiga Bulan ke Depan

242

Palu, Metrosulawesi.id – Perusahaan Umum (Perum) Bulog Divisi Regional (Divre) Sulawesi Tengah mengklaim, masih memiliki cadangan beras medium untuk penuhi kebutuhan pasar dan masyarakat selama tiga bulan mendatang.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan, Pelayanan Publik dan Operasional Bulg Divre Sulteng, Amir Sube kepada Metrosulawesi saat dihubungi, Minggu (10/3/2019).

Menurutnya, stok itu masih berpotensi bertambah seiring dengan penyerapan ditingkat petani yang setiap waktu dilakukan perusahaan plat merah tersebut. Artinya, garansi terhadap cadangan pangan tetap akan terjamin.

Ia melanjutkan, saat ini juga untuk memenuhi kebutuhan permintaan pasar dan melaksanakan tugas sebagai perusahaan yang bergerak dibidang stabilisasi pangan daerah pihaknya gencar melakukan Operasi Pasar (OP) kebutuhan pokok.

Meski demikian, ia melihat dinamika pasar soal pangan yang terjadi saat ini sangat normal. Harga-harga kebutuhan masih belum melampaui Harga Eceran Tertinggi yang ditetapakan dalam peraturan.

“Ketahanan stok beras bulog untuk kualitas medium masih bisa kurang lebih tiga bulan kedepan. Kegiatan kami seharinya masih intens untuk melakukan OP,” tutur Amir Sube.

Namun, bulog juga harus tetap waspada dengan cadangan itu. Pasalnya, dalam rentang waktu dua bulan mendatang, kebutuhan dipastikan akan meningkat karena akan menghadapi bulan suci Ramadhan. Dimana permintaan pasar akan meningkat yang tentunya harus dibarengi dengan stok yang mumpuni.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas