Home Nasional

10 Juta Surat Suara Tiba 25 Maret

329
LIHAT LANGSUNG - Ketua Devisi Hubungan Masyarakat, Data Informasi, dan Hubungan antar Lembaga KPU, Viryan Aziz dan Komisioner Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo melihat langsung proses pencetakan surat suara perdana di pabrik PT Adi Perkasa Makassar, Ahad 20 Januari 2019 lalu. (Foto: Ist)

  • KPU Sulteng Pastikan Distribusi Lancar

Palu, Metrosulawesi.id – Surat suara Pemilu 2019 untuk Sulawesi Tengah saat ini sudah dalam proses pencetakan di Makassar, Sulawesi Selatan. Jika berjalan lancar, maka semua surat suara ditargetkan sudah tiba di kabupaten kota se Sulteng pada 25 Maret 2019.

Ketua Komisi Pemilihan Umun (KPU) Sulawesi Tengah Tanwir Lamaming mengungkapkan, telah berkomunikasi dengan pihak percetakan di Makassar yakni Adi Perkasa.

“Mereka menyampaikan bahwa paling lambat 20 Maret semua surat suara sudah selesai dicetak. Selanjutnya diangkut langsung ke kabupaten kota se Sulteng,” kata Tanwir Lamaming kepada Metrosulawesi, Selasa 21 Maret 2019.

Jumlah surat suara untuk Pemilu di Sulawesi Tengah yang dicetak mencapai 10 juta lembar lebih. Jumlah itu berdasarkan jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) Sulawesi Tengah yakni 1,9 juta dikalikan dengan lima surat suara (pemilihan presiden, DPR RI, DPD, DPRD provinsi, DPRD kabupaten kota).

“Ditambah lagi dengan dua persen surat suara per TPS. Sehingga totalnya 10 juta lebih surat suara,” kata Tanwir.

Dia menjelaskan, jika pengangkutan surat suara dari Makassar dimulai 20 Maret, maka ditargetkan surat suara tiba di kabupaten kota se Sulteng paling lambat 25 Maret 2019. Pengangkutan surat suara baik melalui darat maupun laut akan dikawal ketat aparat kepolisian.

Tanwir Lamaming. (Foto: Ist)

Selanjutnya, setelah tiba di KPU kabupaten kota, surat suara akan langsung disortir untuk memastikan tidak ada surat suara yang rusak atau jumlahnya kurang. Kalaupun terjadi kekurangan atau ditemukan ada yang rusak, maka segera diklaim ke pihak perusahaan percetakan untuk mengganti dan menambah.

“Proses sortir 26 sampai 30 Maret 2019. Sehingga kita berharap akhir Maret semua proses pelipatan selesai, sekaligus kita ajukan klaim jika ada yang rusak atau kurang. Surat suara yang diklaim itu diharapkan tiba lagi di kabupaten kota pada 5 April 2019,” jelas Tanwir Lamaming yang mantan ketua KPU Morowali Utara.

Menurutnya, berdasarkan jadwal yang telah disusun tersebut, maka banyak waktu bagi KPU kabupaten kota untuk mendistribusikan surat suara ke PPK.

“Paling lambat empat hari sebelum hari H sudah diantar ke PPK sehingga sampai di TPS pada 16 April 2018 atau satu hari sebelum pencoblosan,” kata Tanwir Lamaming.

Menurutnya, jalur distribusi logistik surat suara di Sulawesi Tengah relatif tidak masalah. Bisa diakses, meskipun beberapa wilayah butuh waktu sampai tiga hari. Karena itu, akan didahulukan pendistribusian di wilayah tersebut.

Mengenai gudang penampungan surat suara dan tempat untuk sortir surat suara sudah tidak ada masalah.

“Sudah ada gedung penampungan di kabupaten kota. Tapi, seperti Tolitoli gedungnya tidak memadai untuk melakukan sortir. Maka, mereka sudah mengusulkan permintaan salah satu fasilitas di sana untuk tempat melakukan sortir dan pengepakan, sehingga tidak ada masalah gedung,” katanya.

Reporter: Syamsu Rizal
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas