Home Palu

SMPN 19 Palu Biasakan Siswa Salat Berjamaah

284
Ilman Usman. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala SMP Negeri 19 Palu Ilman Usman mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah fokus mendorong pengembangan karakter religius siswa melalui kegiatan sholat Dzuhur berjamaah rutin setiap hari di mushalla sekolah.

“Membiasakan siswa untuk melaksanakan solat berjamaah tepat pada waktunya juga merupakan bagian dari pengembangan karakter,” ujar Ilman belum lama ini.

Sebab kata Ilman, pintar belum cukup jika tidak dibarengi dengan karakter dan akhlak yang baik, terlebih khusus karakter religius yang harus ditanamkan ke siswa sejak dini.

“Pengembangan karakter religius siswa ini juga merupakan program Pemerintah Kota Palu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, salah satunya dengan program Baca Tulis Alquran (BTQ). Kita wajib untuk mendidik siswa yang buta aksara Alquran, kan sudah dibagi-bagi sentral pembinaannya berdasarkan wilayah masing-masing sekolah,” ujarnya.

Ilman mengakui, sejak SMPN 19 Palu kembali melaksanakan sistem enam hari kerja, tidak semua siswa yang beragama Islam melaksanakan sholat dzuhur berjamaah di sekolah.

“Namun, setelah dilakukan evaluasi, ternyata karena sholat Dzuhur berjamaah di sekolah dilaksanakan pada saat waktu pulang sekolah siswa. Olehnya kami sudah mengantisipasi hal tersebut dengan melaksanakan sholat dzuhur berjamaah tepat pada waktunya,” jelasnya.

“Pokoknya, kalau sudah jam 12 lewat, adzan salat dzuhur sudah dikumandangkan, maka para guru wajib mengarahkan siswanya untuk melaksanakan salat dzuhur berjamaah di Musala sekolah. Hal ini sangat efektif, terbukti dengan banyaknya siswa yang melaksanakan salat berjamaah tersebut. Mudah-mudahan hal ini dapat dilaksanakan secara terus menerus,” ungkapnya.

Ilman berharap, seluruh program yang dilaksanakan di SMPN 19 Palu yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan serta menanamkan karakter terhadap siswa mendapat dukungan orang tua siswa.

“Sehingga apa yang menjadi tujuan dari program-program yang dilaksanakan tersebut dapat tercapai,” katanya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas