Home Palu

Sajam Masih Ditemukan di Lapas Palu

271
BARANG TERLARANG - Kalapas Palu Adhi Yanriko didampingi jajaran memperlihatkan sajam dan handphone milik warga binaan hasil penggeledahan Tim Satgas Kamtib Lapas Palu baru-baru ini. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Senjata tajam (sajam) dan handphone masih ditemukan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palu. Sajam dan handphone tersebut ditemukan dari warga binaan oleh Tim Satgas Kamtib Lapas Palu saat penggeledahan baru-baru ini.

Penggeldahan yang dipimpin langsung oleh Kepala Lapas (Kalapas) Palu Adhi Yanriko menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham. Penggeledahan juga sebagai salah satu upaya mengantisipasi adanya peredaran gelap Narkotika oleh warga binaan di dalam Lapas.

penggeledahan yang dilakukan secara mendadak itu dimulai pukul 20.30 Wita. Tim Satgas Kamtib langsung melakukan pemeriksaan secara serentak diseluruh blok dan kamar warga binaan. Hasilnya tim mengamankan 10 unit handphone diantaranya HP jenis Android dan beberapa jenis sajam yang dirakit oleh warga binaan.

Hasil temuan langsung diolah oleh Tim Satgas Kamtib dengan melakukan pemeriksaan warga binaan terkait barang-barang terlarang yang dimilikinya. Kalapas langsung memerintahkan untuk dilakukan tindakan sesuai SOP dan penegakkan hukuman disiplin terhadap pelanggaran tersebut.

“Ini sebagai langkah serius untuk pemberantasan narkotika dan psikotoprika di Lapas maupun Rutan,” ujar Adhi.

Dia meminta kesatuan pengamanan dan seksi administrasi Kamtib untuk bersinergi dalam sebulan ke depan agar membersihkan seluruh ponsel atau alat lain yang beresiko terhadap keamanan termasuk dalam kaitannya dengan narkotika.

“Kita harus komitmen karena ini merupakan perintah dari Dirjenpas untuk seluruh Lapas dan Rutan Se- Indonesia. Kami juga akan tetap melakukan tindakan-tindakan tegas dan terukur tentunya sesuai SOP yang berlaku mulai dari pencabutan hak remisi, CB dan PB. Selain itu jika memungkinkan, kami akan lakukan mutasi ke Lapas dan Rutan lain,” ucapnya.

Kalapas menegaskan selain akan memberikan sanksi kepada warga binaan, ia juga berjanji memberikan sanksi tegas kepada jajarannya yang terlibat dalam kepemilikan barang terlarang oleh warga binaan.

“Bagi siapapun yang terlibat, saya akan memberikan sanksi tegas kepada mereka. Tim Satgas Kamtib saat ini masih terus bekerja,” tegasnya.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas