Home Palu

Puluhan Ribu Warga Hadiri Puncak MRSF 2019

238
Kapolda Sulteng Brigjen Polisi Lukman Wahyu Hariyanto, bersama Danrem 132/Tadulako, Danlanal Palu, serta Forkompinda Sulteng, saat melepas balon. (Foto: Djunaedi/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Jalan sehat Millennial Road Safety Festival (MRSF) di Lapangan Vatulemo, Kota Palu, Minggu 9 Maret 2019 pagi diikuti ribuan warga Kota Palu, dan dilepas langsung oleh Kapolda Sulteng.

Jalan sehat dalam rangka memeriahkan MRSF itu di dominasi oleh kaum milenial yang terdiri dari para mahasiswa dan pelajar.

Kapolda Sulteng, Brigjen Polisi Lukman Wahyu Hariyanto mengatakan, kecelakaan lalu lintas saat ini telah menjadi perhatian dunia dan menempati ranking kelima fenomena yang sangat diperhatikan oleh dunia.

“Banyak kaum milenial usia produktif tidak lagi produktif karena kurang memperhatikan diri sendiri soal lakalantas, sehingga tidak heran lakalantas di Indonesia didominasi kaum milenial,” ucap Kapolda.

Kapolda mengungkapkan setiap tahunnya di negara ini terdapat ribuan korban lakalantas. Di Sulteng terdapat sekitar 400 korban lakalantas dalam se tahunnya. Dari hasil tersebut, terdapat sekitar 200 korban meninggal akibat lakalantas.

“50 persen jumlah yang mengalami laka lantas yaitu generasi milenial,” tutur Kapolda Sulteng Dr. Lukman Wahyu.

Kata dia, Jalan santai milenial merupakan salah satu bagian untuk menyongsong kesadaran kaum milenial untuk sadar berlalu lintas.

“Kegiatan ini sebagai wujud penyadaran kaum milenial dalam berlalu lintas,” katanya.

Gubernur Sulteng yang di wakili Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Sulteng, Andy Sumardi mengatakan, momentum ini merupakan bagian dari komitmen untuk mengurangi angka kecelakaan dan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, karena generasi milenial merupakan korban lakalantas terbanyak.

“Olehnya itu, momentum ini dapat dijadikan upaya untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas di Indonesia. Semoga kita semua jadi pelopor menyongsong kaum milenial tertib lalu lintas,” ucapnya.

Rute jalan sehat milenial dimulai dari Lapangan Vatulemo, kemudian menuju Jalan Juanda, Setia Budi, Thamrin, Sisingamangaraja dan finish kembali di Lapangan Vatulemo.

Peserta jalan sehat tampak antusias mengikuti kegiatan itu, dengan pengawalan dari personil Satlantas Polres Palu dan Ditlantas Polda Sulteng sehingga tidak sedikitpun mengganggu kelancaran lalu lintas. Meski begitu, masih ada sedikit peserta yang memillih jalan pintas agar bisa segera sampai di garis finish.

Usai jalan sehat milenial, Polda Sulteng juga menggelar senam kolosal, deklarasi pelopor keselamatan berlalu lintas yang ditandai dengan pelepasan balon dan penandatanganan Deklarasi Milenial.

Selain itu, Panitia Pelaksana juga mengadakan Millennial Enterpreneur, Safety Riding dan Driving, Freestyle Sepeda Motor, Fun Bike 20 Kilometer (km), Fun Run 5 km serta pembagian 100 Surat Izin Mengemudi bagi yang memenuhi syarat.

Sejumlah artis pun didatangkan untuk menghibur peserta MRSF seperti Duo Anggrek, Indonesian All Stars dan Virgoun.

Tak kalah meriah lagi, pihak Panitia juga menyediakan sejumlah doorprize berhadiah utama paket umrah, 20 unit sepeda motor dan puluhan hadiah menarik lainnya.

Kegiatan tersebut berakhir pada sekitar pukul 11.30 siang dan akan dilanjutkan malam nanti,dengan pembagian hadiah pemenang lomba, doorprize, dan konser artis ibukota, Virgoun dan Siti Badria.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas