Home Ekonomi

Muamalat Dorong BPR Buka Tabungan Haji-Umroh

292
Perjanjian kerja sama antara Bank Muamalat dan BPR Sulawesi Karya Sentosa Palu. (Foto: Dokumentasi Bank Muamalat)

Palu, Metrosulawesi.id – Selama ini data menunjukkan bahwa sebagian besar orang datang ke BPR tidak untuk menabung melainkan untuk mengajukan kredit.

Namun, lain halnya dengan Bank Perkreditan Rakyat Sulawesi Karya Sentosa (BPR Sukses) Palu. Dengan melakukan penandatanganan kerja sama dengan Bank Muamalat Indonesia cabang Palu telah membuka kesempatan bagi nasabah untuk menabung di tabungan haji dan umroh.

“Kebetulan ini baru dijalankan mulai awal Maret. Target kita setiap bulan lima debitur untuk program ini. Tabungan haji dan umroh dari kami menggandeng Bank Muamalat dalam penyetoran dana haji,” katanya, Direktur Utama BPR Sulawesi Karya Sentosa, Christian F Kaunang saat ditemui Metrosulawesi beberapa waktu lalu, Jumat (8/3/2019).

Menurutnya, langkah tersebut itu dijadikan bentuk manifestasi dari upaya lebih mengoptimalkan keberadaan dalam memberikan manfaat bagi khalayak terkhusus pada sisi fasilitasi ibadah haji maupun umroh.

“Banyak orang yang masih belum mengetahui bahwa BPR yang kantornya tersebar mulai dari kota hingga desa telah mengembangkan produk tabungan yang mampu menyentuh sektor informal dan ibu rumah tangga. Untuk itu, kami menarik kembali nasabah melalui produk ini,” ujarnya.

Bank yang setahun berdiri ini masih terus melayani nasabah melalui penghimpunan dana pihak ketiga dari masyarakat yang kemudian akan disalurkan dalam bentuk kredit produktif kepada pelaku UKM, petani, dan peternak.

“Sejak 2 Juli 2018 kami hadir untuk melayani masyarakat, belum cukup setahun bencana alam dahsyat melanda Palu, Sigi dan Donggala. Sedangkan, untuk otensi pasar kedua segmen bisnis masih terbuka lebar dan BPR masih mempunyai pengalaman dalam menggarap kedua sektor usaha itu,” ungkapnya.

Sementara itu, pimpinan Bank Muamalat Cabang Palu, Bambang Haryo Nugroho menjelaskan penandatanganan MOU dengan BPR Sulawesi Karya Sentosa tepatnya pada diakhir Januari 2019. Dengan adanya kesepakatan tersebut Bank Muamalat ikut serta dalam membantu masyarakat dalam memenuhi porsi haji maupun umroh.

“Teknisnya, apabila nasabah atau masyarakat umum yang ingin menunaikan ibadah haji dan umrah. BPR Sulawesi Karya Sentosa telah menawarkan kredit dengan marjin setara bank diangka 12,5% per tahun,” jelas Bambang.

Lanjut Bambang, untuk sekelas BPR angka itu sudah sangat kompetitif dengan bank. Sedangkan, maksimal angsuran tabungan haji dan umroh milik BPR hingga sampai tiga tahun. Dengan biaya angsuran per bulan kurang lebih sekitar Rp800 ribu rupiah.

“Contohnya, biaya umroh via Palu Rp25 Juta, nasabah hanya memiliki uang muka 10% atau Rp2,5 juta rupiah bisa disimpan direkening Bank Muamalat. Nanti apabila disetujui oleh BPR, kemudian akan di lakukan droping dana dari BPR ke Bank Muamalat dan kami akan menyetorkan ke penyelenggara umroh yang telah lama menjalin kerja sama dengan Bank Muamalat,” kata Bambang.

Oleh karena itu, kata Bambang, tekhnis umroh bagi nasabah akan 100 persen terjamin. Menurutnya, nasabah tidak perlu khawatir melaksanakan umroh melalui program ini. Karena Bank Muamalat menjamin kredibilitas penyelenggara ibadah haji maupun umroh.

“Jika nasabah belum mempunyai dana tabungan mereka bisa melakukan pembiayaan melalui BPR Sulawesi Karya Sentosa di Jalan Basuki Rahmat. Karena mereka siap membantu nasabah dalam menjalankan ibadah ditanah suci mekkah,” tutupnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas