Home Parigi Moutong

Dinkes Ajak Kepala Pasar Awasi Penjualan Obat

253
Devi Artini Agu. (Foto: Zoel Fahry/ Metrosulawesi)

Parimo, Metrosulawesi.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), mengajak semua kepala pasar untuk meningkatkan efektivitas pengawasan obat dan makanan di Kabupaten Parimo. Dalam waktu dekat, Dinkes Parimo akan mengundang para kepala pasar.

“Karena kegiatan tersebut dilakukan sesuai dengan Permenkes Nomor 3 tahun 2017 tentang Peningkatan Efektivitas Pengawasan Obat dan Makanan. Sehingga dalam kegiatan tersebut kami akan mengundang seluruh kepala pasar dan kepala puskesmas yang ada di 23 kecamatan di wilayah Parimo ini,” ungkap Kepala Seksi Kefarmasian Dinkes Parimo, Devi Artini Agu kepada Metrosulawesi di ruang kerjanya, Jumat 8 Maret 2019.

Dia mengatakan, nantinya dalam kegiatan tersebut semua kepala pasar dan kepala puskesmas yang ada di Parimo akan menandatangani MoU atau kesepakatan bersama, agar tidak memberikan izin kepada penjual obat yang tidak memiliki izin.

“Karena sebenarnya, masyarakat biasa itu bisa menjual obat, asal mereka memiliki izin, dimana izinnya itu dalam bentuk apotek, lembaga apotek atau toko obat. Jadi jika ada penjual obat yang tidak memiliki izin seperti itu maka tidak boleh menjual obat, dan jika itu kami temukan maka kami akan memprosesnya secara hukum,” tegas Devi.

Devi mengatakan, dalam melakukan pengawasan obat ada juga dari pihak Balai POM dan kepolisian.

Reporter: Zoel Fahry
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas