Home Palu

Masa Berlaku KTP Tidak Perlu Diperpanjang

557
Alfrin Magdalena. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu Alfrin Magdalena mengungkapkan, Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang tercantum masa berlakunya habis pada tahun lalu tetap masih berlaku digunakan, sehingga tidak perlu untuk diperpanjang.

“Meskipun di KTP itu masa berlakunya sudah selesai pada 2017, KTP itu masih berlaku seumur hidup, sepanjang tidak ada perubahan elemen data, misalnya perubahan alamat, kemudian status nikah. Jika tidak ada perubahan data, KTP itu masih tetap berlaku,” jelas Alfrin di Palu, Minggu, 3 Maret 2019.

Alfrin mengatakan, biasanya masyarakat yang memiliki KTP masa berlaku itu meminta Dukcapil untuk memperbaruinya untuk berlaku seumur hidup, padahal KTPnya itu masih berlaku.

“Sepanjang tidak ada perubahan data di KTPnya, KTP itu masih berlaku, meskipun dicantumkan masa berlakunya selesai 2017,” ujarnya.

Selain itu Alfrin mengimbau, mendekati Pemilu 2019, masyarakat diminta proaktif mengurus dokumen kependudukan, terutama jika tidak mempunyai KTP Elektronik.

“Sebab Disdukcapil Palu saat ini terus bekerja keras dalam menerbitkan e-KTP. Bahkan saat ini juga kami masih tetap turun-turun ke sekolah untuk pemilih pemula yang belum memiliki e-KTP,” katanya.

Maka dari itu kata dia, diharapkan kepada masyarakat agar proaktif untuk memiliki e-KTP, jangan hanya menunggu di rumah.

Sebelumnya, Disdukcapil mencatat sebanyak 17 Warga Negara Asing (WNA) telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), namun belum berstatus KTP elektronik (e-KTP).

Menurut Alfrin, WNA yang memiliki KTP tersebut telah memenuhi syarat mempunyai KTP, sebab memiliki surat izin tinggal tetap.

“Namun para WNA ini sesuai aturan KPU tidak mempunyai hak pilih pada pemilihan umum Presiden, Wakil Presiden dan Legislatif,” ujar Alfrin di ruang kerjanya, Jumat, 1 Maret 2019.

Alfrin mengatakan, sebelumnya Dirjen Dukcapil Kemendagri RI juga mengimbau kepada seluruh Disdukcapil kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia untuk sementara tidak ada lagi menerbitkan e-KTP untuk WNA.

“Pencetakan KTP WNA dilakukan pada Februari 2018 kemarin. Namun Dukcapil Palu belum menerbitkan e-KTP kepada WNA tersebut, disebabkan pada waktu itu aplikasi cetak e-KTP Dukcapil masih versi B Card 4.7, dalam aplikasi tersebut belum tersedia pencetakan e-KTP untuk WNA,” jelasnya.

Kata dia, para WNA itu berasal dari negara India, namun masa berlakunya KTP WNA itu habis, pastinya akan di perpanjang dan mengurus di imgrasi, baru akan diterbitkan KTP elektronik.

“Saat ini fasilitas kita untuk mencetak KTP elektronik untuk WNA sudah siap, sehingga saat ini sudah bisa cetak e-KTP WNA. Namun WNA ini harus mengikuti perekaman dulu, baru akan di cetakkan e-KTP,” ungkapnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas