Home Ekonomi

TPID Diminta Serius Tekan Inflasi

250
Gubernur Sulteng, Drs H Longki Djanggola, MSi dalam sambutannya ketika membuka high level meeting TPID bertempat di Hotel Sentral, Senin 25 Februari 2019. (Foto: Humas)

Palu, Metrosulawesi.id – Tingkat inflasi Kota Palu pada Oktober merupakan inflasi tertinggi secara nasional dari 82 Kota dengan indeks harga konsumen sebesar 2,27%, disebabkan ķãrena harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan, biaya transportasi udara pun tak luput dari kenaikan yang cukup signifikan.

“Pada November 2018 inflasi Kota Palu kembali mengalami penurunan sebesar 0,83% berikut Desember 2018 sebesar 1,10% dan Januari 2019 inflasi kembali mengalami penurunan hingga 0,21% pencapaian ini tidak lepas dari kerja sama yang baik dari semua TPID,” ujar Gubernur Sulteng Drs. H. Longki Djanggola, M.Si dalam sambutannya ketika membuka high level meeting TPID bertempat di Hotel Sentral, Senin 25 Februari 2019.

“Says selakù Ketua TPID Sulteng menyampaikan kepada semua OPD sebagai anggota TPID untuk bersungguh-sungguh menunjukkan kerjasamanya dalam menyusun roadmap pengendalian inflasi di Sulteng,” ujar gubernur.

Hal tersebut lanjut gubernur terkait kondisi masyarakat Sulteng khususnya Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong pasca gempa.

Gubernur menambahkan sesuai himbauan TPI pusat bahwa TPID diminta segera membuat roadmap TPID. 2019-2021 dan finalisasinyà pada akhir bulan Maret 2019.

“Saya sampaikan kepada semua OPD yang terkait dalam TPID provinsi untuk membuat roadmap TPID dengan berpedoman pada 4 K yakni, keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif,” sebut gubernur.

Sementara itu panitià pelaksana Subhan Basir, ST, M.Prog dalam laporannya menyatakan dasar pelaksanaan kegiatan sebagai wadah koordinasi antar anggota Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) lingkup pemprov Sulteng dengan pihak terkait.

Menyusun roadmap TPID 2019-2021 yang memuat program dan rencana kerja TPID tiga tahun kedepan dan membahas issu strategis terkait dengan pengendalian inflasi daerah serta saling memberi informasi antar anggota TPID terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan di OPD masing-masing sehingga tercipta sinkronisasi program pengendalian inflasi daerah di Sulteng.

Adapun pemateri yakni Ketua TPID Sulteng, Kepala Perwakilan BI Şulteng serta Kepala Divre Bulog Sulteng, dengan jumlah peserta 100 orang.

Reporter: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas