Home Palu

Lima SMPN Masih UNKP

209
Ambotuwo. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Pembinaan SMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu Ambotuwo mengungkapkan dari 22 SMP Negeri di Palu, lima SMP masih melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

“Lima sekolah itu adalah SMPN 18 Palu, SMPN 20 Palu, SMPN 3 Palu, SMPN 10 Palu dan SMPN 16 Palu. Sekolah ini belum siap UNBK disebabkan sarana prasarana penunjang UNBK masih belum siap digunakan, sehingga mereka memutuskan tahun ini UNKP,” kata Ambotuwo di ruang kerjanya, Rabu, 20 Februari 2019.

Ambotuwo mengatakan, sesuai Pos UN 2019, jadwal pelaksanaan UN ditetapkan 22-25 April 2019, sementara untuk UN Susulan dilaksanakan 29-30 April 2019.

“Lima sekolah yang masih UNKP itu diupayakan tahun depan sudah UNBK, sebab ujian berbasis komputer ini sangat efesien dan lebih berkualitas, integritas dari hasil ujian nasional sangat bisa dijaga, sehingga diharapkan semua SMP di Palu dapat UNBK 100 persen,” ujarnya.

Terkait pengadaan komputer, kata dia, akan diusahakan dalam waktu dekat ini. Sebenarnya yang paling utama dibutuhkan sekolah adalah server.

“Kepala Dinas Pendidikan usahakan pengadaan komputer Februari 2019 ini. Sebab bidang SMP telah mendata sekolah mana saja yang kekurangan komputer, dan itu telah diserahkan di bidang sarana dan prasarana. Insya Allah akan turun pengadaan komputer tahun ini sebagai tambahan bagi sekolah yang kekurangan komputer,” katanya.

Ambotuwo mengimbau kepala sekolah agar menjaga betul bantuan komputer yang akan diberikan nanti. Selain itu pihaknya berharap sekolah lebih intens memberikan pembekalan kepada peserta didiknya yang akan melaksanakan UNBK atau UNKP, seperti les tambahan jam pelajaran khusus untuk siswa kelas tiga, sehingga saat ujian para siswa dapat meraih nilai terbaik.

“Semoga UNBK tahun ini berjalan lancar seperti tahun-tahun sebelumnya. Saya juga meminta PLN dapat menjaga kestabilan listrik saat UNBK, begitupun jaringan internet, Telkom diharapkan dapat mengatasi secepatnya jika terjadi gangguan,” ungkapnya.

Kata dia, jenjang SMP negeri yang melaksanakan UNBK tahun ini cukup banyak dibanding tahun sebelumnya. Artinya semangat kepala sekolah dalam menyelenggarakan UNBK cukup baik. Kemajuan itu disebabkan pemerintah sangat fokus memperbaiki sarana prasarana sekolah.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas