Home Palu

SMPN 9 Palu Fokus Tingkatkan Nilai UN

581
Hilmi SPd, MPd. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

  • Siap Bersaing dengan SMPN 1 Palu

Palu, Metrosulawesi.id – SMP Negeri 9 Palu saat ini fokus meningkatkan raihan nilai siswanya pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Sebab, tolak ukur maju atau tidaknya sekolah itu dilihat dari hasil UN.

Demikian dikatakan Kepala SMPN 9 Palu, Hilmi kepada Metrosulawesi di ruang kerjanya Rabu, 20 Februari 2019.

“Olehnya saya kemarin telah menyatakan siap bersaing dengan SMPN 1 Palu, dalam hal pencapaian nilai maksimal di UN tahun ini. Pernyataan itu saya sampaikan langsung di hadapan sejumlah kepala sekolah di pertemuan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS),” ujar Hilmi.

Maka kata Hilmi, upaya SMPN 9 Palu dalam meningkatan hasil akhir UN itu salah satunya dengan mengkaji buku paket serta kisi-kisi UN melalui internal Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sekolah.

“Saya mendorong para guru mengkaji buku paket dengan melihat berapa besar kaitanya dengan kisi-kisi. Jika ditemukan didalam buku paket ada kisi-kisi, maka guru harus mempertegas saat proses belajar mengajar, bila perlu pelajaran itu diulang-ulang,” jelasnya.

Sementara kata Hilmi, pihak sekolah saat ini mengefesienkan pengawasan cara mengajar para guru. Sehingga pada waktu proses belajar mengajar berlangsung, pihaknya turun melakukan monitoring, melihat guru mengajar.

“Dari hasil supervisi yang dilakukanya, saya menilai ada beberapa guru yang bagus cara mengajarnya dan memang saya melihat ada interaksi, sehingga saya berani mengklaim bahwa SMPN 9 Palu siap bersaing dengan SMPN 1 Palu,” katanya.

Dari pantauan itu, ada beberapa guru di SMPN 9 Palu aktif melakukan interaksi dengan siswa.

“Olehnya itu saya terus mendorong guru itu memantau siswa yang aktif belajar dan tingkatkan kecerdasan serta kemampuan siswa itu dengan baik, sehingga pencapaian nilai maksimal bisa diraih pada UN kali ini,” ungkapnya.

Kata dia, dari 281 peserta yang mengikuti UN tahun ini, pihaknya berharap minimal ada empat siswa meraih nilai terbaik pada masing-masing mata pelajaran di UN.

“Misalnya IPA satu siswa, Matematika satu siswa raih nilai terbaik, serta mapel (mata pelajaran) lainnya. Jika berhasil, maka saya akan memasangkan baliho di depan sekolah, dengan menampilkan foto siswa yang meraih nilai terbaik pada UN tahun ini,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas