Home Sulteng

Realisasi PAD Tolitoli Rp 83,5 Miliar

266
Ilustrasi. (Grafis: Dok Metrosulawesi)

  • Evaluasi Realisasi PAD Tolitoli 2018

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Tolitoli menggelar rapat evaluasi realisasi pendapatan asli daerah (PAD) triwulan IV tahun anggaran 2018 yang dibuka oleh Wakil Bupati Hi Abdul Rahman Hi Budding di Aula BKD Tolitoli, Kamis 21 Februari 2019.

Selaku tim evaluasi PAD Kabupaten Tolitoli Drs Faisal Husain Akil menyampaikan, target PAD sampai dengan triwulan IV tahun anggaran 2018 sebesar Rp 86,9 miliar. Tapi, PAD yang terealisasi sebesar Rp 83,5 miliar atau mencapai 96,17%.

Capaian PAD tersebut terdiri dari pajak daerah yang ditargetkan sebesar Rp 15,8 miliar, terealisasi sebesar Rp 16,3 miliar atau mencapai 103,31%. Sedangkan retribusi daerah ditargetkan sebesar Rp 5,2 miliar, terealisasi sebesar Rp 4,4 miliar atau mencapai 85,30%.

Hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan ditargetkan sebesar Rp 2,7 miliar, terealisasi sebesar Rp 2,8 miliar atau mencapai 99,02%. Lain-lain PAD yang sah ditargetkan sebesar Rp 62,9 miliar, terealisasi sebesar Rp 59,8 miliar atau mencapai 95,16%.

Faisal Husain Akil mengatakan, pada tahun anggaran 2019, Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli mulai menerapkan pembayaran non tunai terhadap pengelolaan pendapatan/ penerimaan daerah. Pembayaran nontunai untuk pengelolaan pendapatan daerah secara bertahap dimulai dari pengelolaan Pajak Daerah dan selanjutnya diikuti dengan pengelolaan retribusi daerah.

Wakil Bupati Tolitoli Hi Abdul Rahman Hi Budding dalam sambutannya mengatakan, efektivitas pembangunan di Kabupaten Tolitoli tidak lepas dari pengelolaan PAD yang juga merupakan cermin kemandirian suatu daerah dan penerimaan murni yang merupakan modal utama dalam membiayai pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kemasyarakatan.

Untuk membiayai pelaksanaan pembangunan tentunya membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, yaitu Pemerintah Daerah perlu mengoptimalkan pemanfaatan kekayaan daerah guna meningkatkan PAD termasuk pajak maupun retribusi daerah.

Ditambahkan, ide dan gagasan Cemerlang terhadap proses identifikasi dan ekstensifikasi potensi sumber pendapatan baru, perlu digali agar Pendapatan Asli Daerah kita memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Tolitoli.

Seiring dengan meningkatnya target PAD maka dituntut pula kerja keras dan kesungguhan dari seluruh jajaran aparatur Pemerintah Kabupaten Tolitoli dalam pencapaian target yang telah ditetapkan guna terwujudnya kemandirian fiskal daerah.

Koordinasi dan sinergitas antara Perangkat Daerah pengelola sumber pendapatan menjadi hal penting yang harus terus dilaksanakan guna memaksimalkan pendapatan sebagai model pembiayaan pembangunan guna peningkatan taraf hidup perekonomian masyarakat, jelas Wabup.

Dalam rapat evaluasi Realisasi PAD Triwulan IV T.A 2018 ini dilaksanakan pula penandatanganan berita acara serah terima dokumen retribusi rumah dinas dari Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tolitoli ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tolitoli dan Dinas Kesehatan kabupaten Tolitoli, dan dokumen retribusi pelayanan persampahan/kebersihan serta dokumen retribusi penyediaan dan penyedotan kasus dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Tolitoli ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tolitoli atas dipindahkannya beberapa target retribusi pada Tahun Anggaran 2019 sesuai dengan tupoksi masing-masing organisasi perangkat daerah.

Adapun kegiatan tersebut dihadiri Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Ir. Muh Nur Munawar, sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan Pimpinan Unit Kerja Pengelolaan Retribusi Daerah di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli, Direktur Perusahaan Daerah Bongkar Muat serta Perwakilan Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Tolitoli.

Reporter: Acco Amir
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas