Home Morowali

Perseroan Daerah Morowali Siap Kelola SDA Di Morowali

602
Direktur Operasional PT Nusantara Mororwali (Perseroda), Ikhsan Arisandhy. (Foto: Ist)

Morowali,Metrosulawesi.id – Impian masyarakat Morowali untuk menikmati hasil kekayaan alam sendiri sepertinya tidak akan lama lagi dapat terwujud. Setidaknya hal ini dapat terlihat dari keseriusan Pemerintah Daerah setempat dalam menata pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang ada di wilayahnya.

Bupati Morowali, Drs Taslim,  menyatakan keinginannya agar sumber daya alam Morowali dapat dikelola sendiri.  Dengan dikelola sendiri, setidaknya   memberikan dampak yang positif bagi daerah dan masyarakat Morowali. Untuk itu Bupati Morowali mengusulkan agar Perusahaan Daerah yang telah didirikan dapat mengambil peran utama dalam pengelolaan SDA ini.

Menyikapi permintaan tersebut, Direktur Operasional, Pengembangan, dan Kerjasama Perusahaan Perseroan Daerah PT. Nusantara Morowali (Perseroda), Ikhsan Arisandhy, menyatakan bahwa pada prinsipnya pihaknya siap menindak lanjuti usulan bupati.  

“Sebagai perusahaan milik daerah, PT. Nusantara Morowali siap mengambil peran itu. Karena memang visi dari pendirian perusahaan yakni  bagaimana  bekerja untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi daerah untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Ikhsan di ruang kerjanya, Sabtu, 23 Pebruari 2019.

Wujud kesiapan mengelola SDA yang ada di Morowali, lanjut Ikhsan Arisandhy, pihak perusahaan daerah yang dinaunginya tengah mempersiapkan berbagai langkah untuk memenuhi persyaratan dalam pengelolaan SDA.

“Saat ini sudah ada langkah-langkah kongkret kami tempuh dalam, upaya pengelolaan SDA di Morowali. Salah satunya adalah pengurusan izin-izin terkait dengan kebutuhan itu,” jelas Ikhsan Arisandhy.

Dijelaskan pula, Ikhsan—sapaan akrabnya, meski perusahaan daerah mampu mengelola SDA yang menjadi primodana di Morowali, namun tetap membuka peluang  bagi pihak luar untuk bekerjasama dengan perusahaan daerah. Hanya saja, kerjasama itu harus sesuai koridor yang ada dan muaranya lebih menguntungkan kepada daerah masyarakat setempat.

“Pihak luar disini jangan hanya dimaknai sebagai investor dari luar negeri. Malah kami akan lebih senang bekerjasama dengan pengusaha nasional atau bahkan pengusaha lokal Morowali. Jika ada pengusaha lokal, yaah kami sangat welcome,’’ tukas Ikhsan sembari menambahkan saat ini beberapa perusahaan sudah mengajukan tawaran kerjasama dan masih dalam proses pertimbangan di perusahaan daerah.

Dalam mengemban amanah perusahaan daerah, Ikhsan dengan tegas mengatakn amanah yang diberikan kepadanya adalah bekerja untuk daerah dan masyarakat Morowali.

“Kami bekerja sesuai platform dan arah kebijakan pemerintah daerah.  Alhamdulillah Pemerintahan Kabupaten Morowali saat ini memang menekankan agar kedepannya, kita tidak lagi banyak bergantung pada modal luar untuk membangun daerah ini. Dan kami, siap bekerja untuk membantu mewujudkan hal itu,”tegasnya. (*)

Reporter: Murad Mangge

Ayo tulis komentar cerdas