Home Palu

Perkelahian Pelajar SMAN 1 Palu Diselesaikan Sesuai Tata Tertib

1897
PERKELAHIAN - Sejumlah siswa saat saling berkelahi di lapangan SMAN 1 Palu, Kamis, 21 Februari 2019. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Perkelahian antar pelajar di SMA Negeri 1 Palu akan diselesaikan menurut aturan tata tertib sekolahnya. Tujuannya, agar persoalan itu tidak berlangsung lama dan tidak menimbulkan keresahan di sekolah.

“Perkelahian antar dua pelajar itu diselesaikan secara damai menurut aturan yang berlaku di sekolah ini,” kata Kepala SMAN 1 Palu Zulfikar Is Paudi melalui ponselnya, Kamis, 21 Februari 2019.

Zulfikar mengakui bahwa kasus itu ada pemicunya, namun pihak sekolah berusaha menyelesaikannya secara kekeluargaan, dengan kepala dingin, tanpa emosi.

Hal itu, kata Zulfikar, agar kedua siswa dan keluarganya masing-masing tidak saling benci dan tidak ada yang dirugikan.

Dari informasi yang diterima, pemicu awal perkelahian itu adalah petasan di salah satu kelas yang diledakkan. Saat itu kaka kelasnya menegur adik kelasnya, dengan tiba-tiba melakukan pengeroyokan kepada salah satu siswa tersebut. Sehingga anak itu pun mengalami memar (benjolan) di bagian muka.

Sejumlah guru saat itu mencoba melerai para siswa yang berkelahi, namun kondisi semakin ramai, karena sejumlah siswa mulai mengerumi siswa lainnya. Salah satu guru pun langsung menghubungi pihak kepolisian untuk mengamankan kejadian tersebut, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurut Zulfikar, kasus ini juga sudah ditangani oleh pihak kepolisian, pihak sekolah masih menunggu hasil dari pihak berwajib. Namun pihaknya berharap persoalan ini diselesaikan secara kekeluargaan.

Sementara itu pihak Polres Palu, melalui KBO Reskrim Polres Palu, Ipda Rislan mengatakan, kasus tersebut saat ini masih dalam proses, dan korban masih melakukan pelaporan di SPKT Polres Palu.

“Mereka (korban_red) saat ini sudah membuat laporan di SPKT Polres Palu. Kasus ini akan kami tangani, dan masih dilakukan mediasi antara kedua belah pihak,” jelasnya.

Reporter: Moh Fadel, Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas