Home Palu Gedung JCC Masih Butuh Pembenahan

Gedung JCC Masih Butuh Pembenahan

122
H Longki Djanggola. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Keberadaan Gedung Jodjokodi Convention Centre (JCC) di jalan Moh Yamin Palu menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat di daerah ini. Namun gedung tersebut diungkapkan Gubernur H Longki Djanggola masih butuh pembenahan, khususnya sarana pendingin ruangan (AC).

Hal itu dikatakan gubernur setelah uji coba Gedung JCC sebagai tempat pelantikan 751 pejabat tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas dan kepala SMA/SMK lingkup Pemprov Sulteng pada Selasa, 19 Februari 2019.

“Ternyata gedung ini masih panas, tapi saya sudah minta pak Nyoman (Kepala Dinas Pariwisata) untuk mengurusnya,” ungkap Longki.

Dia mengatakan dengan daya tampung Gedung JCC yang hingga 1.500 orang, membutuhkan pendingin ruangan hingga 38 unit. Saat ini pendingin ruangan yang ada di JCC baru 20 unit dengan status pinjam pakai.

“Kedepan akan segera kita benahi, khususnya penyejuk ruangan agar nyaman digunakan,” ucap Longki.

Gedung JCC kata Longki akan dikomersilkan yang bisa digunakan oleh siapappun untuk kepentingan suatu acara atau ivent. Namun penggunaan JCC wajib membayar biaya pengeloloaan gedung.

Adapun pengelolaan gedung dipercayakan kepada pihak ketiga (swasta atau perorangan). Olehnya dalam waktu dekat, Pemprov Sulteng akan membentuk tim khusus untuk menyeleksi pihak yang berminat sebagai pengelola JCC.

“Maaf bukan tidak percaya kepada Dinas Pariwisata, tapi lebih baik pengelolaan JCC kita berikan kepada pihak ketiga,” kata Longki.

Dia mempersilakan kepada pihak-pihak yang berminat mengelola Gedung JCC memasukkan penawaran. Tim khusus yang dibentuk akan melakukan seleksi berdasarkan penawaran yang masuk.

“Siapapun bisa memasukkan penawaran, mau perusahaan ataupun perorangan, nanti tim yang menyeleksi,” pungkasnya.

Pemberian nama JCC sendiri dikatakan sebagai pengahargaan kepada Jodjokodi yang dalam sejarah diketahui merupakan kakek buyut dan raja di Kota Palu. Penyelesaian pembangunan JCC ditandai dengan acara syukuran dan pembacaan doa oleh Gubernur Longki didampingi Sekertaris Daerah Provinsi Sulteng Moh Hidayat Lamakarate, pâra pimpinan OPD dan pemuka agama di Gedung JCC, Minggu, 17 Februari 2019.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here