Home Morowali

BLK Morowali Ajak Masyarakat Ikut Pelatihan

677
SOSIALISASI - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Morowali menggelar pertemuan dengan sejumlah kepala desa,ketua BPD dan tokoh masyarakat se Kecamatan Bungku Timur. (Foto: Murad Mangge/ Metrosulawesi)

Morowali, Metrosulawesi.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Morowali menggelar pertemuan dengan sejumlah kepala desa,ketua BPD dan tokoh masyarakat se Kecamatan Bungku Timur. Kegiatan dilakukan pada salah satu gedung perusahaan milik PT Wanxiang Nickel Indonesia.

Kepala Dinas Nakertrans Morowali, H Umar Rasyid, menjelaskan tujuan dari pertemuan ini menyampaikan tentang adanya sejumlah program atau kegiatan yang akan dilakukan oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Morowali yang sudah hampir lima tahun terakhir sudah tidak aktif.

Tahun 2019 ini jenis kegiatan yang akan diaktifkan kembali oleh BLK Morowali dan peruntukannya untuk masyarakat dalam bentuk training atau pelatihan. Hal yang dimaksud itu seperti kursus menjahit, pengelasan, mobiler dan kursus tata rias kecantikan wajah atau salon.

“Olehnya itu pihak Nakertrans Morowali mensosialisasikannya ke semua kecamatan. Maksudnya agar informasi kegiatan di BLK itu sampai kepada masyarakat,” kata Umar Rasyid sewaktu pertemuan,Selasa,19 Februrai 2019.

Traning memiliki dua sasaran,yang pertama,kata Umar Rasyid, untuk pencari kerja oleh karena sebelum bekerja sudah memiliki skill atau keterampilan. Kedua akan dapat memunculkan wirausaha kepada masyarakat seperti program menjahit dan mobiler.

“Sebelum di Kecamatan Bungku Timur, Nakertrans sudah melakukan sosialisasi yang sama di Kecamatan Bungku Barat dan Kecamatan Bungku Pesisir. Kenapa dilibatkan Kepala Desa,BPD dan tokoh masyarakat. Harapannya mereka juga akan bisa menyampaikan hal itu kepada masyarakat,” ujarnya.

Pertemuan bersama ini dijelaskan, rencana awalnya akan dilakukan di Aula Kantor Kecamatan Bungku Timur. Namun dari pihak Nakertrans memiliki pemikiran untuk mendekatkan masyarakat bersama dengan pihak perusahaan terkait dengan kegiatan di BLK tersebut.

Reporter: Murad Mangge
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas