Home Donggala

Banawa Pemilih Terbanyak

273
Devisi Program dan data KPUD Donggala, Alfian. (Foto: Tamsyir Ramli/ Metrosulawesi)

  • DPT 205,121 Jiwa

Donggala, Metrosulawesi.id – KPU Kabupaten Donggala menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilhan legislatif dan pemilihan presiden 17 April mendatang, sebanyak 205,121 jiwa.

“Ada ketambahan dari pemilu sebelumnya, kalau kemarin hanya berkisaran seratus ribu lebih kini menjadi 205,121 jiwa dengan rincian laki-laki 105,216 jiwa, perempuan 99,905 jiwa, dan dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Donggala, Kecamatan Banawa pemilih terbanyak sebesar 23,349 jiwa,” kata Alfian saat ditemui di kantronya Kamis siang kemarin (21/2)

Ditanya adanya perbedaan data dengan pihak Catatan Sipil, Alfian menjawb bahwa persolan tersebut sudah dikomunikasikan pada 11 Februari lalu dengan pihak Capil, dari pertemuan itu, perbedaan data terletak pada calon pemilih yang belum melakukan perekaman KTP dan hal ini sudah diantisipasi.

“Data Capilkan sifatnya fluktuatif terus bergerak setiap saat, kami di KPU tidak seperti itu menunggu saja, untuk yang belum melakukan perekaman KTP kami memasukan mereka dikategori daftar pemilih Khusus (DPK) yang sekarang jumlahnya baru 188 jiwa jumlah ini bisa bertambah hingga hari pencoblosan,” sebutnya.

Selain itu, KPU juga mengantisipasi calon pemilih milenial yang terkendala diusia, yaitu pemilih tahun kelahirannya pas 17 tahun tetapi bulan lahirnya tidak cukup.

“Kami akan membeikan imbauan kepada petugas kami di kecamatan (PPK) untuk memferivikasi data atau umur pemilih milenial. Biasanya ada usianya pas 17 tahun dibulan April tetapi bulannya belum sampai ini yang harus diverifkasi degan seksamaa” tutupnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas