Home Palu

Potensi DPK Kota Palu 1.286

219
Komisioner KPU Kota Palu, Idrus, saat melakukan sosialisasi terkait Pemilu di Lapas Petobo beberapa waktu lalu. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu mendapatkan sedikitnya 1.286 warga Kota Palu belum masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) tetapi sudah melakukan perekaman e-KTP. Meskipun belum dirapat plenokan, jumlah itu berpotensi menjadi Daftar Pemilih Khusus (DPK) bila nantinya tidak masuk DPT.

Komisioner KPU Kota Palu, Idrus, kepada Metrosulawesi Senin 18 Februari 2019 mengatakan, adanya tambahan warga yang sudah melakukan perekaman namun belum masuk DPT tidak lepas dari hasil perekaman Dukcapil di beberapa kecamatan dan sekolah.

“1.286 data sementara DPK tidak lepas dari jemput bola Dukcapil dan KPU dalam melakukan perekaman. Ini data sementara, menunggu rapat pleno yang akan dilakukan KPU,” ujar Idrus.
Bila tidak masuk dalam DPT, maka DPK bisa menggunakan hak suara dengan memperlihatkan KTP di TPS sesuai alamat KTP. Sebab DPK hanya bisa menggunakan hak pilihnya bila ada surat suara lebih di TPS.

“Pencetakan surat suara berdasarkan DPT, DPTb dan 2% dari jumlah tersebut. 2% itulah nanti yang akan digunakan oleh DPK,” jelasnya.

Dalam waktu dekat, KPU akan melaksanakan pleno supaya perbaikan-perbaikan yang didapatkan dalam DPTHP 2, statusnya lebih jelas.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas