Home Donggala Kasus KPUD Donggala Dilaporkan ke Kejaksaan

Kasus KPUD Donggala Dilaporkan ke Kejaksaan

12
Gedung kantor KPUD Donggala. (Foto: Ist)
  • Hasil Ausit, Dana Raib Rp 1,9 Miliar

Donggala, Metrosulawesi.id – Hasil audit internal KPUD Donggala yang dilakukan belum lama ini akhirnya diperoleh kesimpulan bahwa dana hibah Pilkada Donggala tahun anggraan 2018 yang belum dikembalikan sebesar 1,9 Miliar.

Demikian dikatakan Sekrertis KPUD Donggala Aslan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 18 Februari 2019.

“Iya benar itu sudah hitungan final kami belum kembalikan dana sebanyak 1,9 miliar ke kas daerah, tapi tak usahla komiu foto saya karena berita ini tidak bagus,” katanya.

Kata Aslan, jika sebelumnya hitungan di hadapan DPRD hanya 900 juta dana yang belum dikembalikan. Tapi ketika dilakukan audit internal ada ketambahan sebesar 899 juta lebih karena ada tunggakan pajak dan jasa giro belum terbayarakan.

“Alhamdullilha untuk utang KPUD di luar tidak ada, yang menyebabkan bertambahnya dana hibah itu karena ada utang pajak dan jasa giro, jadi mau tidak mau dana hibah pilkada sebesar 1,9 miliar harus dikembikan karena menyangkut tanggung jawab,” tegasnya.

Ditanya apakah adakah keterlibatan mantan lima komisoner KPUD dalam penyalagunaan dana hibah pilkada? Aslan menjawab bahwa kasus ini murni ulah oknum bendahara yang menyalagunakan dana hibah pilkada.

“Kami diperiksa selama satu minggu oleh tim audit, setelah keluar hasil pemeriksaan kami langsung melapor ke kantor kejaksaan terkait besaran dana temuan dana hibah pilkada 2018 sebesar 1,9 miliar sebagai bentuk pertanggung jawaban keuangan terkait dana hibah yang belum dikembalikan. Terserah kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum langkah selanjutnya kami tinggal menunggu, dan kami jamin dipersoalan ini mantan komisoner tidak terlibat di penyalagunaan dana hibah pilkda, ini murni ulah oknum bendahara,” tegasnya.

Aslan menambahkan hasil audit internal KPUD juga akan dilaporkan ke DPRD sebagaimana janji sebelumnya dihadapan komisi I.

“Dalam waktu deket kami akan memberikan tembusan hasil pemeriksaan internala KPUD ke DPRD,” tutupnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here