Home Palu

Pendaftaran SNMPTN Kembali Diperpanjang

209
Darsikin. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memutuskan kembali memperpanjang pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Itu karena akses pendaftaran dan finalisasi masih belum optimal dalam beberapa hari terakhir.

LTMPT melalui laman resminya mengumumkan perpanjangan pendaftaran dan finalisasi SNMPTN tahap dua hingga besok, Selasa, 19 Februari 2019, pukul 22.00 WIB. Namun demikian jika sampai batas akhir perpanjang masih ada siswa terkendala melakukan pendaftaran dan finalisasi, LTMPT berjanji akan mencarikan solusinya.

Sebelumnya, Koordinator Humas Panitia LTMPT Untad Dr Darsikin mengumumkan perpanjangan dan finalisasi SNMPTN tahap satu sampai Sabtu, 16 Februari 2019. Dia menerangkan perpanjangan tersebut disebabkan adanya gangguan server SNMPTN.

“Perpanjangan untuk memberikan kesempatan kepada siswa melakukan pendaftaran dan finalisasi sampai dengan hari Sabtu, 16 Februari 2019 pukul 22.00 WIB. Harap kesempatan ini digunakan sebaik-baiknya,” terang Darsikin kepada awak media, Kamis, 14 Februari 2019 malam.

Pendaftaran SNMPTN yang juga dikenal sebagai jalur undangan tersebut sedianya akan ditutup pada 14 Februari. Penanggungjawab Untad Prof Dr Sutarman Yodo SH MH mengungkapkan dari 542 SMA sederajat di Sulteng, baru 120 sekolah yang telah mendaftar ikut SNMPTN. Jumlah sekolah pendaftar tersebut jauh menurun dibanding tahun sebelumnya yang dimaklumi sebagai dampak bencana di Sulteng.

“Kalau untuk pengumuman hasil SNMPTN direncanakan pada 23 Maret mendatang,” ungkap Prof Sutarman di Palu, Selasa, 13 Februari 2019.

Untad sendiri yang ikut terdampak gempabumi masih mendapat kepercayaan membuka penerimaan mahasiswa baru. Total mahasiswa baru yang akan diterima di Untad tahun ini sebanyak 8.705 orang.

Kuota tersebut terbagi untuk tiga jalur penerimaan yaitu SNMPTN sebanyak 1.829 orang, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebanyak 4.265 orang dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) sebanyak 2.611 orang.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas