• BPBD Donggala Pastikan Disalurkan Bulan Ini

Donggala, Metrosulawesi.id – Kepala BPBD Akris Fatah menegaskan, dana stimulan untuk korban bencana gempa dan tsunami wilayah Kabupaten Donggala disalurkan dalam dua pekan ke depan. Dana stimulan untuk korban bencana gempa dan tsunami mencapai 100 miliar lebih. Dana itu untuk ahli waris korban meninggal dunia, rumah rusak parah, rusak sedang, dan rusak ringan.

“Dana 100 miliar lebih sudah stand by di bank, kalau untuk korban meninggal dunia bencana September kemarin, itu sebesar Rp 15 juta yang berhak menerima ahli waris berdasarkan surat keterangan kematian. Satu minggu ke depan dana tersebut akan ditransfer melalui bank yang sudah bekerja sama dengan pemerintah,” kata Akris ditemui di Donggala, Jumat 15 Februari 2019.

“Sedangkan bantuan dana untuk kerusakan fisik klasifikasinya rumah rusak parah menerima Rp 50 juta, rusak sedang Rp 25 juta, rusak ringan Rp 10 juta. Proses pencairannya setelah selesai pencairan dana untuk korban meninggal. Pokoknya bulan ini pasti sudah tersalurkan ke rekening korban bencana,” sebutnya.

Ditanya jumlah penerima yang berhak menerima dana tersebut, Akris menjawab total ada 18 ribu kerusakan fisik untuk rumah dengan rincian 7.000 unit rusak parah, 600 rusak sedang, serta 5.000 rusak ringan. Seluruh proses sudah melewati verifikasi dari berbagai instansi terkait, sehingga BPBD sebagai leading sector dari penanganan bencana menyimpulkan bahwa untuk pendataan sudah tidak ada persoalan.

“Kalau korban meninggal dunia jumlahnya 303 jiwa. Semua data korban baik meninggal atau pun kerusakan fisik rumah terus sudah dilakuakan verifikasi data. Tujuannya menghindari hal tak diinginkan di tengah penderitaan warga, dan kami sudah berkeyakinan data yang kami sajikan untuk diberikan dana sudah final. Langkah terakhir itu pihak bank yang bekerja sama dengan pemerintah akan mengunjungi langsung keluarga korban baik yang meninggal atau rumahnya rusak,” tuturnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here