Home Morowali

Puskesmas Bungku Tengah Edukasi Cegah Kanker Mulut Rahim

411
PEMERIKSAAN - Petugas UPT Puskesmas Bungku Tengah melakukan pemeriksaan kesehatan di Kantor Kelurahan Marsaoleh,Kamis 14 Februari 2019. (Foto: Murad Mangge/ Metrosulawesi)

Morowali, Metrosulawesi.id – Beberapa ibu-ibu warga dalam Kota Bungku menerima penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan dari petugas Unit Pelaksana Tugas (UPT) Puskesmas Bungku Tengah Kabupaten Morowali,dilakukan di Kantor Kelurahan Marsaoleh Kecamatan Bungku Tengah.

Petugas UPT Puskesmas Bungku Tengah Hj Rohanati mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan ini berkaitan dengan penyakit kanker mulut rahim.Ini masih dalam rangka Hari Kanker Sedunia dan akan dilaksanakan sesuai jadwal.

“Sesuai surat edaran dari Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten untuk kegiatan ini waktunya dari tanggal 4-28 Februari.Hal ini dilakukan oleh Puskemas di setiap kecamatan,”kata Rahanati disela kegiatan,Kamis,14 Februari 2019.

Dalam memberikan pelayanan petugas UPT Puskesmas juga didampingi oleh para dokter.Penyuluhan sekaligus proses pemeriksaan khusus wanita ini menyasar berbagai kelompok usia mulai dari kalangan remaja,pra lansia dan lansia.

“Oleh karana di tempat kegiatan bukan di dalam Puskesmas secara otomatis fasilitas kelengkapan yang dibawa juga terbatas.Tapi kami akan memberikan rujukan kepada warga yang terindikasi untuk diperiksa ke Puskesmas,” kata petugas yang akrab disapa Hj Ola.

Petugas UPT Puskesmas Bungku ini menyebut kegiatan merupakan program kesehatan nasional,dilakukan tanggal 4 Februari bulan berjalan setiap tahunnya mencegah penyakit Kanker sebagai penyakit yang tidak menular.

“Harapan kami khsusnya buat wanita marilah kita selalu menjaga kesehatan. Mari juga kita secepat mungkin melakukan pemeriksaan agar bisa diketahui,” tandas Hj Rohanati sembari menambahkan jadwalnya nanti petugas juga akan turun ke sekolah SMP dan SMA untuk melakukan edukasi.

Reporter: Murad Mangge
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas