Home Palu

Perangkat UNBK SMKN 3 Palu Siap Digunakan

193
Triyono. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala SMK Negeri 3 Palu, Triyono memastikan perangkat yang akan digunakan pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siap dipakai.

“Kesiapan itu terlihat kemarin saat dilaksanakannya simulasi UNBK kedua. Sejumlah perangkat tampak siap dan tidak mengalami kendala apapun,” kata Triyono di Palu, Jumat, 15 Februari 2019.

Triyono mengungkapkan jumlah siswa yang akan mengikuti UN tahun ini sebanyak 517 peserta, dari jumlah itu pihak sekolah telah menyiapkan enam ruangan laboratorium yang full AC.

“Sementara dari sisi kesiapan jaringan internet, masih sama seperti tahun lalu, kami menggunakan jaringan internet indihome 100 MB, yang didukung dengan koneksi fiber optik. Kami berharap jaringanya tidak bermasalah,” ujarnya.

Aspek lain kata Triyono, adalah daya dukung listrik, SMKN 3 Palu mengharapkan dukungan dari PLN Area Palu sehingga tidak ada masalah saat pelaksaan UNBK nanti. Sebab, jika pihak sekolah menyiapkan genset di enam ruangan komputer, pihaknya belum mampu.

“Karena di ruangan itu memiliki daya listrik yang begitu tinggi, karena ada mulai AC, Komputer dan lainnya. Maka kami berharap penuh kepada pihak PLN untuk bisa memberikan pelayanan yang begitu baik,” ungkapnya.

Kemudian dari sisi SDM, Triyono mengaku, para guru, teknisi dan proktor SMKN 3 Palu sudah berpengalaman menghadapi UNBK, sebab SMKN 3 Palu bukan pertamakalinya menggelar UNBK, tahun-tahun sebelumnya sudah pernah dilaksanakan.

“Para guru selalu melakukan koordinasi dan selalu menginformasikan terkait perkembangan pusat dalam hal UNBK, sehingga ketika ada permasalahan, pasti akan diselesaikan dengan cepat,” katanya.

“Kami berharap siswa siap dalam arti fisiknya sehat, pikirannya sehat, dan tentunya jiwanya sehat. Pasca gempa ini semoga para siswa sudah stabil, karena kita termasuk kategori daerah yang terdampak gempa,” katanya.

Pasca bencana lalu, kata Triyono, SMKN 3 Palu telah memberbaiki komputer yang rusak. Selain itu ada pengadaan baru sebanyak 8 buah komputer, sehingga dari sisi perangkat komputer, SMKN 3 Palu telah siap menghadapi UNBK April 2019.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas