Home Palu SMPN 15 Palu Dorong Siswa Berwirausaha

SMPN 15 Palu Dorong Siswa Berwirausaha

143
GREEN HOUSE - Kepala SMPN 15 Palu Abdul Rasyid saat menunjukan green house yang di kelola oleh siswanya, Kamis, 14 Februari 2019. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – SMP Negeri 15 Palu akan mendorong siswanya manfaatkan Green House (rumah hijau) sebagai wadah berwirausaha.

“Belum lama ini para siswa telah mencoba menjual hasil panen sayur kakung yang ditaman di Green House tersebut. Hasilnya, siswa berhasil mendapatkan dana sekitar Rp30 ribuan. Artinya bahwa, Green House itu bisa dimanfaatkan siswa untuk berwirausaha,” kata Kepala SMP Negeri 15 Palu Abdul Rasyid di Palu, Kamis, 14 Februari 2019.

Rasyid mengaku akan mengembangkan Green House sehingga siswa bisa belajar wirausaha.
“Uang hasil panen sayuran siswa saya instruksikan disimpan di kas OSIS, sehingga ketika ada kegiatan OSIS bisa ambil dari dana tersebut,” ujar Rasyid di Palu, Kamis, 14 Februari 2019.

Rasyid mengatakan, di dalam green house itu ada tiga jenis tanaman yang dikelola melalui hidroponik, yakni kangkung, selada air dan sawi.

“Saya berharap jenis sayuran di Green House itu ditambah lagi, sehingga siswa lebih banyak lagi mengelola sayuran-sayuran untuk dijual,” katanya.

“Green House ini saya coba kembangkan, dengan harapan para siswa memiliki pengetahuan tentang biologi. Namun saya juga ingin siswa mempunyai pengalaman tentang bagaimana berwirausaha,” ungkapnya.

Menurut Rasyid, siswa itu perlu diajarkan berwirausaha sejak di bangku SMP, karena rasa ingin tahu para siswa masih sangat menonjol. Maka dari itu pengalaman berwirausaha perlu diajarkan, minimal siswa sudah bisa usaha kecil-kecilan.

“Tujuannya siswa diajarkan berwirausaha ini sebenarnya untuk memberikan pengalaman baru, serta membiasakan siswa lebih mandiri lagi. Karena saya berharap, lulusan SMPN 15 Palu dapat berwirausaha dengan baik,” ujarnya.

Meskipun kata dia, SMPN 15 Palu ini sebenarnya sekolah teknik, tetapi paling tidak siswanya juga bisa berwirausaha melalui bidang pertanian.

“Siswa itu pasti bosan diberikan terus materi di ruang kelas. Olehnya itu saya mendorong para guru SMPN 15 Palu aktif memberikan praktik kepada siswa, contohnya mengelola Green House dengan baik,” katanya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here