Home Palu

Hidayat Minta Menwa Bangkit Kembali

255
BUKA DIKSAR - Sekretaris Daerah Mohamad Hidayat Lamakarate saat membuka Diksar Menwa Padanya Cakti Sulteng di Halaman Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Kamis 14 Februari 2019. (Foto: Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.id – Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Mohamad Hidayat Lamakarate membuka Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diksar) Resimen Mahasiswa (Menwa) Padanya Cakti Sulteng. Pemeriksaan pasukan dan penyematan tanda pelatih mengawali upacara pembukaan Diksar Menwa Padanya Cakti Gelombang I di Halaman Pogombo Kantor Gubernur Sulteng, Kamis 14 Februari 2019.

Dihadapan peserta, Hidayat menyampaikan bahwa sesungguhnya Diksar merupakan hal yang sangat penting untuk diikuti oleh mahasiswa untuk melatih kedisiplinan.

“Sesungguhnya maksud dari pelatihan ini bukan menjadikan kita sebagai militer tetapi jiwa para militer yang dituangkan kepada kita para pelaksana, para generasi muda, para mahasiswa itu menjadi penting bagi pribadi yang disiplin,” ujar Hidayat.

“Kemudian yang mengikuti pendidikan dasar ini adalah orang-orang terpilih, dan kalian yang memilih mengikuti diklat ini sangat baik sekali, karena akan sangat beda semangat dan suasananya setelah mengikuti diklat ini dengan mahasiswa yang lainnya yang belum mengikuti diklat dalam rangka membangun kesadaran kebangsaan kita,” tambahnya.

Hidayat yang juga selaku Komandan Resimen Mahasiswa Pawana Cakti meminta kepada Pengurus Menwa Pawana Cakti Sulteng untuk membangkitkan kembali resimen mahasiswa di Sulawesi Tengah.

“Saya sebagai komandan resimen mahasiswa berpesan kepada pengurus, tolong buatkan program agar resimen mahasiswa kembali bangkit di perguruan-perguruan tinggi di Sulawesi Tengah. Kita dorong para rektor dan mahasiswa untuk terlibat di kegiatan ini karena ini baik sekali. Jiwa, semangat dan disiplin patut kita contoh oleh semua lembaga lain dan masyarakat lain,” tuturnya.

Hidayat berharap kegiatan Diksar Menwa dapat membawa manfaat bagi semua dan mampu menjadikan penerus bangsa. Diharapkan pula dukungan semua pihak agar kegiatan Diksar dapat berlanjut.

“Apabila kita diberikan amanah kecil, kemudian kita tunaikan dengan kesungguhan yang besar, maka berarti kita sedang menyiapkan diri untuk diberikan amanah yang lebih besar,” pungkasnya.

Pendidikan dan pelatihan Resimen Gelombang I ini akan berlangsung selama 10 hari mulai 14 sampai dengan 23 Februari di Batalion Infantri 711 Palu. Diklat diikuti oleh 53 orang peserta dari tiga perguruan tinggi di Sulawesi Tengah yaitu Untad 37 orang, IAIN 13 orang dan Unkrit Poso 3 orang.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas