Home Palu

Untad Siap Buka Program Sarjana Terapan

280
RAPAT TERBATAS - Rektor Prof Muh Basir Cyio saat memimpin rapat terbatas membahas kesiapan membuka program peralihan jenjang diploma menjadi sarjana terapan di Ruang Rektor Lantai I Rektorat Untad, Selasa, 12 Februari 2019. (Foto: Humas Untad)

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) siap membuka program peralihan jenjang diploma menjadi sarjana terapan. Rektor Untad Prof Dr Ir H Muhammad Basir Cyio SE MS menyatakan pihaknya siap menerima penugasan dalam penyelenggaraan jenjang sarjana terapan baik manajemen pemasaran, akuntansi, teknik mesin, maupun teknik listrik.

Hal itu disampaikan dalam rapat terbatas menyahuti permintaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kepada Rektor Untad. Rapat terbatas yang diikuti oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof Dr Ir Mahfudz Muchtar MP, Dekan Fakultas Teknik Prof Dr Amar ST MT, Dekan Fakultas Ekonomi Dr Harifuddin Thahir SE MP, dan segenap pimpinan kedua di fakultas berlangsung di Ruang Rektor Lantai I Rektorat Untad, Selasa, 12 Februari 2019.

Tujuan utama rapat untuk merespon surat penugasan perubahan program studi diploma tiga menjadi program sarjana terapan dari Dirjen Kelembagaan Kemenristekdikti. Dalam surat itu, Menristekdikti melalui Dirjen Kelembagaan Dr Ir Patdono Suwigjno MEng Sc menugaskan kepada pimpinan perguruan tinggi agar menyiapkan perubahan itu untuk memperkuat sistem pendidikan vokasi.

“Mandat untuk menyiapkan program sarjana terapan itu akan langsung dilaksanakan di Untad,” ungkap Prof Basir.

Dirjen Kelembagaan dalam mandatnya menegaskan bahwa program studi diploma tiga yang dapat diubah menjadi program sarjana terapan adalah program studi yang minimal terakreditasi B. Pimpinan perguruan tinggi, sebagaimana dalam mandat, diminta untuk menyiapkan surat pernyataan kesediaan menjalankan mandat, capaian kurikulum, rancangan kurikulum, dan dokumen pendukung lainnya.

Untuk itu, dalam rapat yang tersebut Prof Basir mengamanatkan kepada Dekan Fakultas Teknik dan Dekan Fakultas Ekonomi bersama Wakil Dekan Bidang Akademik dan ketua jurusan diploma tiga dan program sarjana dimasing-masing fakultas agar segera menyiapkan capaian pembelajaran diploma tiga, dan rancangan lengkap kurikulum untuk program sarjana terapan.

“Bapak Dekan di masing-masing fakultas menjadi ketua tim. Dekan bersama para ketua jurusan dapat langsung merumuskan kurikulum untuk program sarjana terapan, termasuk merancang mata kuliah yang sesuai dengan kebutuhan industri. Insya Allah Kamis minggu ini dokumen itu sudah harus kami terima, sehingga Jumat dapat difinalkan. Untuk selanjutnya, pekan depan dokumen itu akan diantar langsung ke Kemenristekdikti,” ujar Prof Basir.

Dia menegaskan, dengan adanya mandat itu, dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2019/2020 nanti, program studi itu telah dapat menerima mahasiswa untuk program sarjana terapan.

“Untuk Fakultas Ekonomi, akan dibuka program sarjana terapan akuntansi, dan manajemen pemasaran. Untuk Fakultas Teknik, akan dibuka program sarjana terapan teknik mesin, dan teknik listrik,” tandas Prof Basir.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas