Home Morowali

TNI Akan Tambah Pengamanan di Morowali

425
KUNJUNGI IMIP - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian beserta Menteri Tenaga Kerja RI, Muhammad Hanif Dhakiri tiba di Bandara Khusus PT IMIP Morowali, Rabu 13 Februari 2019. (Foto: Murad Mangge/ Metrosulawesi)

  • Panglima TNI, Kapolri dan Menaker Tinjau PT IMIP

Morowali, Metrosulawesi.id – Menggunakan pesawat TNI AU, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian beserta Menteri Tenaga Kerja RI, Muhammad Hanif Dhakiri tiba di Bandara Khusus PT IMIP Morowali, Rabu 13 Februari 2019.

Sebagai tamu di Kabupaten Morowali, Jenderal bintang empat ini disambut dengan prosesi adat penjemputan yang diterima Bupati Morowali Taslim selaku Kepala Pemerintah Kabupaten dan Halim Mina selaku President Direktur PT IMIP.

Beberapa saat berada di kawasan IMIP dalam kesempatan ini Panglima TNI dan Kapolri juga memberikan pandangannya secara umum untuk daerah Kabupaten Morowali kedepannya dan khususnya kehadiran kawasan industri PT IMIP.

Kata Tito Karnavian, secara garis besar pembangunan kawasan industri PT IMIP telah memberikan prospek yang sangat menguntungkan dan kehadirannya juga dapat menarik tenaga kerja sekaligus meningkatkan ekspor, devisa dan pajak.

“Di kawasan IMIP ini memang menarik tenaga kerja yang cukup luar biasa. Kalau prioritas memang orang Morowali, dan di sini bukan hanya dari Morowali saja. Tapi hampir seluruh wilayah di Indonesia ada yang bekeja di sini,” katanya.

Tito Karnavian menegaskan kalau dikabarkan di kawasan IMIP sudah terjadi ekspansi Tenaga Kerja Asing (TKA) hal seperti itu tidaklah benar. Oleh karena kenyataannya hanya ada sepuluh persen saja TKA dari tiga puluh ribu tenaga kerja, 27 ribu sisahnya orang asli Indonesia.

“Berita ekspansi TKA asal Tiongkok di IMIP itu hoaks. Yang ada, mereka hanya berinvestasi. Kalau berinvestasi boleh saja. Apalagi membangun smelter. Saya yakin tenaga skill dan ahli teknologi di kawasan PT IMIP secara bertahap akan dikuasai orang kita Indonesia,” katanya.

Panglima TNI, Kapolri beserta menteri di sela kunjungan mereka tersebut, juga mininjau gedung Central Kitchen dalam kawasan PT IMIP, sekaligus ikut bersama dengan sejumlah karyawan mencicipi hidangan makanan secara bersama-sama.

Terkait aspek keamanan, Marsekal Hadi Thajanto mengatakan, TNI akan segara menambah lagi kekuatan pengamanan permanen di wilayah Kabupaten Morowali. Salah satunya melakukan pembangunan Batalyon 716 di wilayah kendali Kodam XIII Merdeka.

“Untuk Morowali, dari TNI akan menambah lagi kekuatan dari sektor darat, udara dan laut. Tujuannya adalah untuk memperkuat keamanan. Karena di Morowali ini, khususnya kawasan IMIP nantinya akan dinaikkan statusnya menjadi Objek Vital Nasional,” ujar Panglima TNI.

Reporter: Murad Mangge
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas