Home Parigi Moutong

Parimo Kembangkan Produk Olahan Kelapa

263
Wawan Yulianto. (Foto: Zoel Fahry/ Metrosulawesi)

  • Gandeng Pengusaha dari Solo

Parimo, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Hasil Hutan, Kerajinan, Olahan Mesin, dan Aneka Alat Angkut (Hakelma) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) mengungkapkan, telah menggaet pengusaha dari Solo untuk pengembangan produk olahan kelapa secara terpadu.

“Selama ini penjualan kelapa biji kupas babi itukan sempat marak, sedangkan jika kita berhitung itu keuntungan kelapa biji kupas babi tersebut keuntungannya hanya pada pembeli kelapa kupas babi itu. Sehingga dengan adanya olahan kelapa terpadu ini setiap turunannya itu mulai dari sabut, daging, air sama tempurung itu mempunyai nilai,” ungkap Wawan Yulianto selaku Kabid Hakelma Disperindag Parimo, kepada Metrosulawesi di ruang kerjanya, Rabu 13 Februari 2019.

Menurut dia, setelah diolah pihaknya akan menganalisa keuntungan yang diperoleh. “Hitungan per biji kelapa bisa kita tahu rupiahnya berapa, sehingga setelah ditotal harapannya akan lebih besar dibanding dengan penjualan kelapa kupas babi itu,” katanya.

“Untuk itu, kedatangan investor Solo tersebut ke Kabupaten parimo ini untuk memastikan produk yang sudah kita pastikan itu seperti Sabut Kelapa di Olah menjadi coco fiber, dan tempurung di olah menjadi briket,” ujar Wawan.

Wawan mengatakan, bahwa kerja sama dengan investor dari Solo tersebut. Mereka akan mengecek peralatan kita, setelah itu mereka menerima produk dari Parimo.

“Karena investor tersebut selain menjadi pendamping kita, kita juga akan meminta bagaimana pasaran di luar, sehingga untuk awalnya ini kita masih melalui perantara dari mereka. Dan seandainya kemampuan UKM kita tersebut bisa mencapai permintaan ekspor, mungkin menjualnya bukan dari mereka lagi, kita sudah bisa langsung mengekspor sendiri,” terangnya.

Dia berharap, pendampingan dari investor Solo tersebut dalam mengolah olahan kelapa terpadu dapat mencapai target.

“Karena itu sudah menjadi tujuan investor datang ke Kabupaten Parimo,” harapnya.

Reporter: Zoel Fahry
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas