Home Palu

SMAN 2 Palu Pinjam Laptop Siswa untuk UNBK

744
SIMULASI UNBK - Sejumlah siswa SMAN 2 Palu saat mengikuti simulasi UNBK belum lama ini. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Palu memastikan akan menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada April 2019 mendatang.

“Insya Allah kami siap melaksanakan UNBK tahun ini, karena untuk sistem dan perangkat kami siap. Bahkan kemarin kami telah menggelar simulasi tahap ke-2 dan tidak ada masalah,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Gamar M Pd, di ruang kerjanya, Selasa, 23 Februari 2019.

Untuk menunjang pelaksanaan UNBK nanti, Gamar mengatakan, pihak sekolah meminjam laptop siswa. Jika dipresentasikan, hampir 90 persen laptop siswa digunakan saat UNBK nanti.

“Selain laptop siswa kami pinjam, kami juga diberi pinjaman komputer dari LPMP sebanyak 5 unit komputer,” katanya.

Gamar, MPd. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Gamar mengatakan para guru itu harus mampu menggenjot budaya belajar para peserta didik. Materi-materi yang tertinggal selalu dilatih saat mengajar.

“Sebab di SMAN 2 Palu tidak mengadakan les,” katanya.

“Peserta didik tahun ini yang akan mengikuti UNBK sebanyak 446 orang, untuk komputer yang dibutuhkan 125 unit, dibagi menjadi empat ruang. Kami sangat berharap peserta didik dapat meminjamkan laptopnya saat UNBK nanti, sebab jumlah komputer sangat terbatas,” katanyakomputer,” ujarnya.

Selain itu Gamar berharap pada pelaksanaan UNBK mendatang, jaringan internet tidak bermasalah, begitupun listrik. Kedua hal it akan menjadi masalah jika terjadi gangguan lainya, karena gangguan jaringan dan listrik dapat mempengaruhi psikologi siswa saat mengerjakan soal UNBK.

“Aplikasi UNBK tahun ini bisa membackup nilai, sehingga hasil para siswa selesai mengerjakan soal dapat langsung diketahui, dan itu dapat di backup di server. Jadi pusat tidak perlu lagi menilainya, sebab aplikasi telah otomatis menilai hasil kerjan siswa,” ungkapnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas