Home Ekonomi

Pasar Labean Mulai Ramai

390
PASAR LABEAN - Pasar tradisional Labean pantai barat di Donggala yang beroperasi setiap hari Senin mulai dipadati pengunjung. (Foto: Firmansyah Bandjoki/ Metrosulawesi)

Donggala, Metrosulawesi.id – Aktivitas perekonomian di wilayah Labean dan sekitarnya di pantai barat kabupaten Donggala pascabencana lalu mulai membaik, Senin, 11 Februari 2019.

Terbukti, pasar tradisional Labean yang beroperasi setiap Senin mulai ramai dipadati pengunjung kembali. Bahkan, pasar yang terletak di sepanjang jalan trans Sulawesi di wilayah kecamatan Balaesang ini menjadi macet, akibat pengendara dan pengunjung pasar berdesakan keluar dari pasar tersebut.

Sementara sekadar diketahui, beberapa wilayah di Balaesang darat dan Balaesang Tanjung sempat porak-poranda akibat bencana gempa lalu. Bahkan, ratusan jiwa mengungsi karena rumah mereka mengalami kerusakan.

Dari lereng gunung Bossa hingga memasuki kota Labean nampak sebagian bangunan rumah warga dan fasilitas rumah ibadah rubuh. Begitupun juga memasuki wilayah Lombonga, Malei, hingga ke pelosok Balaesang Tanjung. Kondisi rumah warga sangat memprihatikan, namun perlahan roda perekonomian di wilayah itu terus pulih secara perlahan.

Salah seorang pedagang pasar Labean, Nurmiati, kepada Metrosulawesi, mengakui sangat bersyukur roda perekonomian di pasar Labean ini berangsur membaik.

“Karena kalau bukan disini pak (Pasar), kemana lagi kami mencari rezeki. Disini sudah tempat kami mencari rezeki dari turun temurun,” ungkapnya.

Pedagang paruh baya itu mengatakan, kondisi pasar Labean terus mengalami perubahan meski tidak sebaik dulunya sebelum bencana gempa terjadi. Namun, perkembangan pasar terus pulih pascabencana, dan komoditi jualan mulai lengkap diperdagangkan disini.

“Silahkan cari kebutuhan belanja dan pasar ini sudah lengkap, mulai dari ikan segar, sayur, buah musiman, pakaian, dan kebutuhan lainnya sudah ada,” pungkasnya.

Reporter: Firmansyah Badjoki
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas